Sah, Idham Azis Ditetapkan Sebagai Kapolri

Calon Kapolri Komjen Pol Idham Azis bersiap menjalani uji kelayakan dan kepatutan Kapolri di Ruang Sidang Komisi III DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (30/10). [Suara.com/Arya Manggala]

MEDANHEADLINES.COM – DPR menetapkan Komjen Pol Idham Azis sebagai Kepala Kepolisian Indonesia atau Kapolri terpilih dalam Rapat Paripurna, Kamis (31/10/2019). Dengan begitu, Idham Azis hanya tinggal menunggu dilantik oleh Presiden Joko Widodo.

Sebelum disahkan, Ketua Komisi III DPR RI Herman Hery terlebih dahulu menyampaikan hasil laporannya terhadap uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test Idham sebagai calon Kapolri yang telah dilaksanakan pada Rabu kemarin.

Dalam laporannya, Herman Hery mengatakan bahwa Komisi III telah menyetujui pemberhentian terhadap Jenderal Purn Tito Karnavian sebagai Kapolri sekaligus menyetujui Komjen Pol Idham Azis sebagai Kapolri berikutnya.

“Demikian laporan Komisi III. Untuk selanjutnya dapat ditetapkan dalam rapat paripurna DPR RI hari ini,” kata Herman, Kamis (31/10/2019).

Menanggapi laporan dari Komisi III, Ketua DPR RI Puan Maharani yang memimpin jalannya sidang kemudian menanyakan persetujuan kepada 361 anggota DPR RI yang hadir dalam Rapat Paripurna.

“Perkenankan saya menanyakan kepada sidang Dewan yang terhormat, apakah laporan Komisi III terhadap uji kepatutan dan kelayakan calon Kapolri dapat disetujui?” tanya Puan.

“Setuju,” jawab anggota DPR di Ruang Paripurna.

Usai disetujui, Puan selanjutnya memperkenalkan Idham di hadapan sidang paripurna. Sebelumnya, Idham terpilih secara aklamasi menjadi Kapolri dengan persetujuan seluruh fraksi di Komisi III DPR RI.

“Seluruh fraksi aklamsi untuk setujui Komjen Idham menjadi Kapolri. Yang mana sore ini keputusan tingkat pertama dan sore ini bersurat pada pimpinan DPR untuk besok agendakan dalam rapat paripurna,” kata Ketua Komisi III Herman Hery di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (30/10/2019).

“Setuju,” sahut anggota Komisi III mendengar pernyataan Herman.

Sementara itu, Idham yang masih berada di ruangan mengucapkan rasa terimakasihnya atas proses dan persetujuan Komisi III.

“Makasih atas pelaksanaan proses uji kelayakan dalam ruang mulia ini dan terhormat izin saya berikan komitmen laksanakan tugas dengan baik dan tanggung jawab dengan slogan pengabdian terbaik untuk institusi Polri,” ujar Idham.(red/suara.com)

Please follow and like us:
error0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *