Susunan Menteri Diumumkan, Rupiah Melemah 0,14%

Dengan suasana santai sambil duduk di pelataran Istana Kepresidenan, Jokowi memperkenalkan satu persatu Menteri yang akan menjadi pembantunya selama lima tahun ke depan. (Suara.com/Achmad Fauzi)

MEDANHEADLINES.COM – Presiden Joko Widodo dan Wakilnya Ma’ruf Amin mengumumkan Kabinet Indonesia Maju periode kedua di Halaman Istana Kepresidenan, Rabu (23/10/2019).

Ada wajah lama dan juga wajah baru yang menduduki kursi menteri kali ini. Tak terkecuali pada tim ekonomi yang terdapat wajah baru baik dari profesional maupun dari politisi.

Meski jajaran baru menteri ini telah diumumkan, ternyata pasar merespon negatif pengumuman kabinet tersebut dimana IHSG turun 0,4 persen menjadi 6.207 dan nilai tukar rupiah melemah tipis ke Rp 14.060 atau melemah 0,14 persen.

“Dana asing kabur Rp 121 miliar pasca pengumuman karena kecewa terhadap pos strategis di bidang ekonomi yang diduduki oleh sosok yang kurang pas,” kata Ekonom Indef Bhima Yudhistira Adhinegara saat dihubungi Suara.com, Rabu (23/10/2019).

Dia mencontohkan, misalnya posisi Menko Perekonomian yang diisi oleh Airlangga Hartarto Mantan Menteri Perindustrian, menurut dia kurang pas dan tidak cocok karena berlatar belakang partai politik.

“Idealnya memang bukan politisi yang duduki jabatan Menko Perekonomian karena pos menko sangat strategis. Lagi pula kinerja pak Airlangga di kementerian perindustrian bisa dibilang jauh dari harapan,” kata Bhima.

Dalam lima tahun ini, Jokowi akan fokus dalam peningkatan Sumber Daya Manusia hingga penciptaan lapangan kerja.

“Kabinet Indonesia maju yang 5 tahun ke depan, akan fokus pada SDM dan Penciptaan lapangan kerja dan pemberdayaan usaha kecil mikro dan menengah,” kata Jokowi saat pengumuman Menteri. (Red/suara.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *