Sergai Gelar Upacara Hari Santri Nasional Ke-4 Di Ponpes Darul Mukhlisin

MEDANHEADLINES.COM – Pemerintahan Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) menggelar peringatan Hari Santri Nasional dengan upacara bendera di Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Mukhlisin di Cempedak Lobang Kecamatan Seu Rampah Kabupaten Sergai. Selasa (22/10/2019).

Upacara di hadiri Wakil Bupati (Wabup) Sergai H.Darma Wijaya,SE, Kepala Kementrian Agama (Kakankemenag) Sergai Dr.Kh.Sarmadan Nur Siregar,M.Pd, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sergai, MUI Sei Rampah, Pimpinan-pimpinan Ponpes, para Kepala KUA Sergai, camat Sei Rampah Nasaruddin Nasution.

Dalam pidatonya H.Wabup Darma Wijaya,SE dalam peringatan Hari Santri Nasional dari Kementrian Agama Republik Indonesia yang pada tahun ini mengambil tema “Santri Indonesia Untuk Perdamaian Dunia”. Karena berdasarkan fakta bahwa Pesantren sebagai labolatorium yakni labolatorium perdamaian dunia.

Tambahnya, ada sembilan alasan mengapa pesantren layak di sebut sebagai labolatorium dunia. Pertama, Kesadaran harmoni beragama dan berbangsa. Kedua, metode mengaji dan mengkaji, selain mendappatkan bimbingan, teladan dan transfer ilmu langsung dari Kiai akan tetapi juga mempelajari beberapa kitab bahkan kajian lintas mahzab. Dengan demikian para santri akan menerim perbedaan namun tetap bersandar terhadap hukum yang otentik.

Ketiga, para santri terbiasa diajarkan khidmat (pengambdian). Keempat, pendidikan kemandirian, kerjasama dan saling membantu. Kelima, gerakan komunitas seperti kesenian dan sastra tumbuh subur di pesantren.

Adapun yang keenam, lahirnya berbagai kelompok diskusi dalam skala kecil dan besar untuk membahas masalah-masalah yang ada. Ketujuh, menjaga khazanah kearifan lokal. Kedelapan, prinsip kepentingan umum pegangan yang sudah tidak bisa ditawar lagi di kalangan pesantren.

Terakhir, penanaman spritual. Tidak hanya hukum islam saja akan tetapi juga untuk hukum umum juga di pelajari sebagai basis yang diikuti.

Demikian kutipan pidato Kementrian Agama Republik Indonesia yang dibacakan Wabup Sergai H.Darma Wijaya,SE dalam Hari Santri Nasional Tahun 2019.

Sementara Kakan kemenag Sergai Dr.KH.Sarmadan Nur Siregar,M.Pd dalam sambutannya mengungkapkan terimakasih atas kehadiran bapak Wabup H.Darma Wijaya,SE dalam upaca bendera memperingati Hari Santri Nasional Tahun 2019 dan unsur-unsur lainnya.

“Dengan hari Santri Nasional yang ke-4 ini, semoga semua lembaga dapat bersenergi dengan pesantren-pesantren yang ada di Sergai untuk kemajuankabupaten sergai.

Dengan adanya Undang-undang pesantren nomor 18 tahun 2019 mengukuhkan pesantren-pesantren dan diakui di negara kesatuan Indonesia dan di samakan dengan pendudikan-pendikan formal lainnya. Sekali lagi kami ucapkan selamat hari santri nasional yang ke-4″. Tutup Sarmadan Nur Siregar.(Mer)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *