Bantai San Marino 9 Gol Tanpa Balas, Belgia Dipastikan Lolos ke Piala Eropa 2020

Para pemain Belgia merayakan gol Romelu Lukaku (kiri) saat menghadapi Skotlandia di kualifikasi Piala Eropa 2020 di Hampden Park. ANDY BUCHANAN / AFP

MEDANHEADLINES.COM – Timnas Belgia tampil perkasa kala menjamu San Marino di Stadion King Baudouin, Jumat (11/10/2019) dini hari WIB. Setan Merah menggilas tamunya dengan skor besar 9-0.

Dengan kemenangan ini, Les Diables Rouges nyaman di puncak klasemen sementara Grup I Kualifikasi Piala Eropa 2020 dengan 21 poin, unggul 3 poin dari Rusia di urutan kedua. Sementara San Marino berada di dasar klasemen degan poin nol dan selisih gol 0-37.

Hasil ini juga memastikan Belgia lolos putaran final Piala Eropa 2020.

Jalannya pertandingan

Meski menang dengan skor besar 9-0, namun Romelu Lukaku dkk butuh waktu hingga menit ke-28 untuk mencetak gol pertamanya.

Pesta gol Belgia dibuka oleh Romelu Lukaku sendiri di menit ke-28. Striker raksasa milik Inter Milan itu kembali mencetak gol keduanya di laga itu di menit ke-41.

Tujuh gol lainnya masing-masing dicetak oleh Nacer Chadli (31′), Cristian Brolli (bunuh diri 35′), Toby Alderweireld (43′), Youri Tielemans (45′), Christian Benteke (79′), Yari Verschaeren (pen 84′) dan Timothy Castagne (90′).

Total selama di babak pertama saja, Belgia sudah unggul telak 6-0 atas San Marino.

Sementara tiga gol lainnya berhasil dilesakkan di babak kedua. Sama halnya seperti babak kedua, Belgia butuh waktu hingga menit 79 untuk mencetak gol ketujuh dan kedelapan melalui Christian Benteke dan Yari Verschaeren.

Di babak injury time, Belgia menutup laga dengan skor 9-0 usai Timothy Castagne menambahkan satu gol lagi.

Dengan hasil ini skuad asuhan Roberto Martinez itu memastikan diri lolos Piala Eropa 2020 dengan poin sempurna 21 dari tujuh laga dan selisih gol 27-1. Mereka tiga poin di atas Rusia yang pada jam yang sama menang 4-0 atas Skotlandia.

Dua gol yang dicetak Romelu Lukaku juga menjadikan mantan striker Manchester United itu memperoleh delapan gol pada babak kualifikasi Euro 2020. Raihan itu hanya selisih dua di bawah top skor sementara yang dikuasai pemain Israel Eran Zahavy.

Susunan Pemain

Belgia: Thibaut Courtois; Toby Alderweireld, Thomas Vermaelen, Jan Vertonghen; Timothy Castagne, Hans Vanaken, Youri Tielemans, Nacer Chadli, Dries Mertens (Yari Vershaeren 63′), Romelu Lukaku (Christian Benteke 76′), Eden Hazard (Yanick Ferreira-Carrasco 63′)

Pelatih: Roberto Martinez

San Marino: Simone Benedettini;Andrea Grandoni (Lorenzo Lunadei 78′), Mirco Palazzi, Davide Simoncini, Cristian Brolli, Manuel Battistini, Marcello Maularoni; Enrico Golinucci, Mattia Giardi (Adolfo Hirsch 46′); Fillipo Berardi (Allesandro Golinucci 46′), Nicola Nanni

Pelatih: F Varrella (red/suara.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.