Dampak Kerusuhan di Wamena, 10.080 Orang Mengungsi

Sejumlah pengungsi tiba di Landasan Udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Kamis (3/10). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

MEDANHEADLINES.COM– Hingga Jumat 4 Oktober 2019 kemarin, total ada 10.080 pengungsi Wamena yang tiba di Jayapura. Mereka memilih keluar dari Wamena pascarusuh di Kabupaten Jayawijaya belum lama ini.

Komandan Lanud Silas Papare Marsma TNI Tri Bowo Budi Santoso mengatakan untuk 4 Oktober 2019, pihaknya melaksanakan penerbangan rutin ke Wamena dengan delapan sorti.

“Jadi dari Lanud Silas Papare dua hercules, satu dari Biak dan satu lagi membawa bantuan dari presiden,” kata Bowo, Sabtu (5/10/2019).
Menurut Marsma Tri, dari delapan sorti tersebut, enam sorti ke Jayapura lalu dua sorti ke Biak dan Timika.

“Sedangkan bantuan ke Wamena oleh kami tercatat 154.974 kilogram,” ujarnya.

Bowo menjelaskan, pihaknya berharap situasi segera pulih sehingga para pengungsi bisa kembali ke Wamena dan menghidupkan kembali suasana di wilayah tersebut.

“Dari pantauan terakhir kami, toko-toko di Wamena sudah mulai buka di mana aparat keamanan juga sudah ditambah jumlahnya,” katanya lagi.

Dia menambahkan, pihaknya juga mengapresiasi relawan-relawan yang membantu para pengungsi dari Wamena di tempat-tempat pengungsian sehingga diharapkan dapat membantu warga menghilangkan rasa trauma.(Red/suara.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *