Pemkab Sergai Gelar Rakor Pejabat Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi

MEDANHEADLINES.COM, Sergai – Pemkab Serdang (Sergai) gelar Rakor Pejabat Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kamis (3/10/2019) di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati. Sebagai narasumber Kadis Kominfo H Akmal,KI Provinsi Sumut Robinson Simbolon dan Kasi Pengelolaan Informasi Publik, Rini Rahmayani, S.I.Kom, M.Si.

Dihadapan para OPD dan Camat,Wabup Sergai H Darma Wijaya menegaskan perihal payung hukum untuk implementasi, keterbukaan informasi publik di lingkungan Pemkab Sergai yang ditetapkan melalui Peraturan Bupati No. 28 tahun 2017 tentang Pedoman Pengelolaan Layanan Informasi dan Dokumentasi.

Melalui Perbup ini telah diatur berbagai mekanisme layanan yang harus dilaksanakan mulai dari PPID Kabupaten, PPID Pembantu/Pelaksana di OPD, Kecamatan maupun di tingkat Desa.

Dikatakannya,beberapa langkah strategis melalui Rakor rutin telah dilakukan, juga Focus Group Discussion untuk membahas informasi yang dapat diakses secara terbatas atau dikecualikan sampai batas waktu tertentu telah dilaksanakan. “ Hal ini menunjukkan keseriusan Pemkab Sergai dalam mewujudkan pemerintahan yang terbuka dan mewujudkan layanan informasi yang unggul bagi masyarakat.

Dibagian lain Darma mengatakan,layanan informasi publik merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pelayanan dari pemerintah daerah kepada masyarakat di Sergai. Melalui berbagai infrastruktur komunikasi yang ada di daerah ini, diharapkan kepada seluruh opd dapat mengoptimalkan jaringan yang ada dan menggunakan media seperti Website OPD dan media sosial sebagai media informasi publik yang cepat, mudah diakses dan murah.

Diakhir dirinya menekankan bahwa yang terpenting dan sangat diperlukan adalah menumbuhkan kesadaran yang tinggi akan pentingnya menginformasikan kinerja pemerintahan kepada masyarakat sebagai bentuk kehadiran pemerintah di tengah masyarakat dan untuk membangun iklim keterbukaan sebagai wujud pemerintahan yang baik.(Mer)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *