Kabut Asap Landa Sibolga Tapteng, Komantab Gelar Aksi Bagikan 1.000 Masker

 

MEDANHEADLINES.COM – Komunitas Menjaga Pantai Barat (Komantab) menggelar aksi berbagi masker kepada warga di Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, Minggu (22/9/2019) siang.

Pembagian masker berlangsung di 2 titik terpisah. Di jalan Sisingamangaraja Pandan depan hotel PIA Pandan dan Pelabuhan Lama Sibolga.

Kordinator Aksi Mindo Samosir menyebutkan, sebanyak 1.000 masker dibagi di dua titik tersebut. Sasaran utama pengendara dan warga yang sedang berada di luar rumah.

“Antusias bagus, kebutuhan masker memang sedang tinggi ditengah kabut asap yang makin tebal,” kata Mindo.

Mindo menyebut, aksi tersebut berlangsung spontan, menyikapi kabut asap di dua daerah ini yang semakin tebal sejak pagi Minggu.

“Kabutnya makin mengkuatirkan, mata perih dan potensi gangguan pernapasan sewaktu-waktu bisa terjadi,” katanya.

Menurut Mindo, aksi bagi-bagi masker akan terus dilakukan pihaknya jika kabut asap semakin memburuk.

“Dampaknya paling buruk itu ya ke anak-anak, kita berharap kondisi ini bisa pulih, pemerintah dapat solusi mengatasinya dan masyarakat bisa beraktifitas kembali dengan normal,” katanya.

Kabut asap di Pantai Barat Sumut semakin tebal sejak pagi minggu. Jarak pandang terus menurun. Di Bandara DR FL Tobing Pinangsori, Tapteng dua pesawat terpaksa batal mendarat. Bandara ini direncanakan ditutup sementara.

Keluhan kabut asap terus berdatangan dari warga di dua daerah tersebut. Mulai mata perih para pengendara hingga kekuatiran dampak gangguan pernapasan serta ketakutan nelayan saat melaut. (hen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *