Persatuan Batak Islam Minta Presiden Resmikan Wisata Halal Danau Toba

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Pro dan kontra soal wisata halal di Danau Toba, yang menyedot perhatian publik harus segera disikapi dengan arif dan bijaksana. Presiden Joko Widodo harus segera meresmikan wisata halal di seluruh destinasi wisata Indonesia.

“Seperti halal park di GBK yang diresmikan Jokowi beberapa waktu lalu, kita  juga minta presiden melakukannya di Danau Toba,” ungkap Ketua Bidang Informasi DPW Persatuan Batak Islam (PBI) Sumut Arief Tampubolon kepada wartawan di Medan, 7 September 2019.

PBI Sumut, kata Arief, mendukung penuh program wisata halal yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara datang ke Indonesia, khususnya ke Danau Toba.

“Soal pro dan kontra kemarin itu kita sudahi saja, ini soal pembangunan dan kemajuan negara dan daerahnya. Wisata halal kan ada maksudnya, bukan asal presiden membuat progam wisata itu. Pasti presiden sudah mempertimbangkan hal-hal positifnya. Sama seperti wisata halal park. Dan di negara-negara yang wisatanya sudah cukup mapan pun ada wilayah-wilayah yang memudahkan wisatawan muslim untuk makan dan minum serta melaksanakan sholat. Itu saja, tidak lebih dari itu,” tegas Arief.

Menurut Arief, wisata halal yang dimaksud dipastikan tidak akan mengurangi kearifan lokal, budaya atau ciri khas daerah. Justru hal ini harus dijaga dan dilestarikan sama-sama, sesama warga Batak, agar ada daya tarik lainnya di samping keindahan alamnya yang begitu indah dan mempesona seperti kepingan surga,  akan menambah warna dan ragam yang ada di Danau Toba.

“Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan kan sudah ngomong, katanya, tak perlu diributi wisata halal di danau toba. Makanya itu PBI Sumut mengajak semua masyarakat Sumatera Utara khususnya saudara-saudara saya di tano batak untuk menerima program presiden jokowi ini,” serunya.

Harapan PBI wisata halal danau toba segera diresmikan presiden Jokowi dalam waktu dekat ini.

“Kita doakan pak Jokowi kembali datang ke Sumut dan meresmikan wisata halal di danau toba,” kata Arief. (raj)

One thought on “Persatuan Batak Islam Minta Presiden Resmikan Wisata Halal Danau Toba”

  1. Di Danau Toba sudah ada masjid dan RM Padang, saya rasa fasilitas ibadah dan kuliner untuk muslim sudah sesuai untuk menampung wisatawan muslim di Danau Toba. Kawasan Danau Toba dihuni oleh penduduk Batak Kristen, dan memang masjid tidak seperti daerah lain di Indonesia yang gampang ditemukan dan bisa dikunjungi dengan jalan kaki. Kalau wisatawan muslim mau ke Danau Toba silahkan bawa mobil sendiri atau carter. Tempat ibadah dan tempat makan sangat dekat jaraknya kalau naik mobil (Masak merengek-rengek minta tempat ibadah permanen ke penduduk lokal). Kalau wisata ya siapkan uang lebih, namanya juga jalan-jalan. Ga usah maksa banget kalau mau jalan-jalan padahal duitnya ga sanggup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *