Hari Kedua Operasi Patuh Toba 2019, Tiga Orang Tewas Dalam Kecelakaan

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara mendata sebanyak tiga orang yang meninggal dunia karena kecelakaan lalu lintas di Sumut. Catatan tersebut didapat dari pelaksanaan hari kedua Operasi Patuh Toba 2019 yang mulai digelar serentak pada (29/8).

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Sumatera Utara, Kombes Pol Kemas Ahmad Yani menerangkan, menurut data yang diperoleh pihaknya pada hari kedua Operasi Patuh Toba ada enam kecelakaan yang terjadi. Akibat kejadian itu tiga orang diantaranya dinyatakan meninggal dunia.

“Di hari kedua ada enam kejadian lakalantas. Rinciannya tiga orang meninggal dunia, satu luka berat, dan sembilan luka ringan. Untuk kerugian materilnya mencapai Rp4 juta lebih,” kata Kemas, Sabtu (31/8).

Kemas menjelaskan, jumlah korban jiwa saat operasi berlangsung bertambah jika dibanding dengan tahun lalu. Di 2018, hari kedua operasi hanya satu orang yang tewas sedangkan tahun ini tiga orang

“Korban yang meninggal dunia tahun ini naik. Untuk luka berat turun dari empat ke satu orang. Sementara jumlah luka ringan sama yaitu sembilan orang. Kalau totol lakalantas yang terjadi turun 14,2 persen,” jelas Kemas.

Sementara, lanjut Kemas, untuk jumlah kasus pelanggaran di hari kedua operasi mengalami kenaikan jika dibanding hari pertama operasi digelar. Rinciannya, dari 1.828 menjadi 2.620 pelanggaran.

Soal jumlah tilang, lanjut Kemas, dihari kedua juga mengalami kenaikan dari hari pertama. Catatannya, untuk jumlah tilang dari 1.355 perkara menjadi 2.042. Sedangkan jumlah sangsi teguran dari 291 menjadi 578 perkara.

“Total pelanggaran selama 2 hari yaitu 4.448, tilang 3.397 dan teguran 869,” ungkap Kemas.

Masih dikatakan Kemas, dalam operasi kedua, pengendara yang terbanyak melakukan pelanggaran adalah pengemudi sepeda motor yakni sebanyak 1.532 unit kendaraan. Mobil penumpang 235 unit kendaraan, mobil barang 205 unit kendaraan, dan terakhir mobil bus 70 unit.

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar selalu mematuhi peraturan lalu lintas dan jangan lupa membawa kelengkapan surat kendaraan pada saat berkendara,” pungkas Kemas. (AFD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *