Bantu Pulihkan Keamanan, Polda Sumut Kirim 500 Personil Brimob Ke Papua

Tatan

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Untuk membantu memulihkan kondisi keamanan di Papua, Polda Sumatera utara mengirimkan Sebanyak 500 personil Brimob

“Sekitar 500 personel Brimob Polda Sumut dikirim hari ini ke Papua. Mereka akan dilibatkan untuk memulihkan keamanan di Provinsi Papua dan Papua Barat,” kata Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Tatan Dirsan Atmadja, Sabtu (31/8/2019).

Diketahui kericuhan di Papua beberapa hari ini semakin bergejolak. Kondisi keamanan pun semakin tidak kondusif. Bahkan, dalam dua hari terakhir, beberapa fasilitas publik, kantor-kantor pemerintahan dan kantor media massa dibakar.

Tatan menjelaskan pelepasan para personel dilakukan di Markas Brimob Tanjung Morawa, Deli Serdang pada Jumat (30/8) malam. Pemberangkatan mereka dilakukan secara bertahap.

“Pasukan yang diberangkatkan pada gelombang pertama ini sebanyak 250 orang. Mereka akan langsung diterbangkan menuju bandara di Jayapura. Selanjutnya, sisa personil lainnya akan diberangkatkan pada gelombang berikutnya,” tuturnya.

Tatan juga mengatakan, Personel Brimob yang dikirim ke sana akan melaksanakan operasi pengamanan dengan cara persuasif untuk memulihkan suasana.

“Seperti penegasan Bapak Kapolda, personel harus mengutamakan cara-cara kemanusiaan dalam bertugas. Persuasif. Tidak ada yang menggunakan peluru tajam. Selain itu, petugas yang diberangkatkan ke sana juga fokus untuk menyelamatkan warga, termasuk harta benda mereka,” ungkapnya.

Terkait dimana dan berapa lama personil mereka akan ditempatkan, Tatan juga belum dapat memastikannya

“Belum bisa dipastikan, personel ini akan bertugas sampai kapan. Fokus kami pada pemulihan keamanan di sana. Jika sudah kondusif, maka akan ditarik,” Pungkasnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.