Gempa 4,5 SR Guncang Nias Selatan, BMKG : Tak Berpotensi Tsunami

MEDANHEADLINES.COM – Gempa dengan kekuatan 4,5 SR Mengguncang Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara , Selasa (27/8/2019) siang.

Balai Besar Meteorologi Klimatoligi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan mencatat gempa itu terjadi sekira pukul 14.05 WIB dengan Pusat gempa berada pada koordinat 0.74 LU dan 98.12 BT, tepatnya di laut 38 km Timur Laut Nias Selatan pada kedalaman 7 km.

“Ditinjau dari kedalaman hiposenter, gempabumi ini merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas Subduksi antara Lempeng IndoAustralia dengan Lempeng Eurasia yang menyebabkan terjadi deformasi batuan, sehingga memicu terjadinya gempabumi. Meskipun dangkal dan terjadi di laut, gempabumi ini tidak berpotensi tsunami karena kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadinya tsunami,” ungkap Kepala BMKG Wilayah I Medan Edison Kurniawan.

Akibat dari Gempa itu dirasakan di kawasan Teluk Dalam. Belum ada laporan kerusakan yang dilaporkan warga hingga sekarang.

“Belum ada aktivitas gempabumi susulan. Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG serta arahan dari BPBD. Khususnya masyarakat di pesisir pantai diimbau agar tidak terpancing isu, karena gempabumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami,” pungkasnya.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *