Pemkab Sergai Alokasikan 75 Ekor Hewan Kurban

MEDANHEADLINES.COM – Pelaksana harian (Plh) Bupati Serdangbedagai (Sergai) H Darma Wijaya meninjau pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di Desa Firdaus, Kecamatan Seirampah dan di Desa Pekan Tanjungberingin, Kecamatan Tanjungberingin, Minggu (11/8)

Darma Wijaya menyampaikan, pada Idul Adha 1440 H tahun 2019 ini, jumlah hewan kurban yang dialokasikan Pemkab Sergai berjumlah 75 ekor dengan perincian, 66 ekor sapi dan 9 ekor kambing yang disebar di 17 kecamatan di seluruh wilayah Kabupaten Sergai.

“Jumlah tersebut sudah termasuk alokasi dua ekor sapi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut sebagai kompensasi atas kontribusi Kabupaten Sergai yang termasuk 3 besar penyumbang hewan kurban di Sumut. Hewan kurban dari Pemprov Sumut tersebut, disalurkan di Desa Pegajahan Kecamatan Pegajahan dan Desa Martebing Kecamatan Dolokmasihul”, ujarnya.

Darma Wijaya yang saat itu didampingi Ketua GOPTKI Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya, para Asisten, Staf Ahli Bupati dan Kepala OPD mengungkapkan, hewan kurban atas nama Bupati Sergai Ir H Soekirman beserta keluarga, dialokasikan di Desa Tapakmeriah, Kecamatan Silinda. Sementara, hewan kurban atas nama Wabup H Darma Wijaya beserta keluarga, ditempatkan di Lapas Tebingtinggi, Kecamatan Seirampah serta Kecamatan Dolokmasihul. “Dan hewan kurban atas nama Sekdakab Drs H Hadi Winarno MM beserta keluarga, dialokasikan di Makodim 0204/DS”, terangnya.

Berdasarkan¬†data dari Dinas Ketahanan Pangan, lanjutnya,¬† melalui petugas peternakan yang melakukan pendataan di masjid-masjid serta lokasi perdagangan hewan kurban di seluruh wilayah Kabupaten Sergai, jumlah hewan kurban dari masyarakat keseluruhan, hingga awal Idul Adha mencapai 2.127 ekor, dengan perincian sapi 980 ekor dan kambing 1.147 ekor.¬†“Kecamatan Seirampah menjadi yang terbanyak menyumbang hewan kurban dengan total 179 ekor sapi dan 100 ekor kambing. Namun, data tersebut masih dapat bertambah, mengingat hari tasyrik Idul Adha adalah menunggu hingga tiga hari ke depan”, jelas Darma Wijaya(mer)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *