Blibli.com Manjakan Konsumen dengan Fitur Click&Collect

MEDANHEADLINES.COM, Medan- Blibli.com terus melakukan inovasi untuk memanjakan konsumen.  Terbaru, situs web perdagangan ektronik (e-commerce) di Indonesia ini memperkenalkan fitur baru yaitu Click&Collect, yang mengintegrasikan toko ritel online dengan fisik (brick-and-mortar).

Melalui fitur Click&Collect para pelanggan bisa membeli produk secara online di platform Blibli.com, dan bisa langsung mengambil belanjaan di toko offline milik merchant partner.

“Blibli.com menjadi e-commerce pertama yang memperkenalkan fitur Click&Collect di Indonesia,” kata Wisnu Iskandar, SVP Trade Partnership Consumer Electronic Group Blibli.com, melalui keterangan tertulis yang diterima medanheadlines.com beberapa waktu lalu.

Menurut Wisnu, fitur Click&Collect merupakan ekosistem bisnis digital yang menguntungkan para pelanggan dan merchant partner, karena menyatukan kekuatan kanal online dan offline.

Apalagi setelah kerjasama dengan Alfamart terjalin dan akan membuka akses Blibli.com ke seluruh jaringan swalayan di Indonesia. Sejak 26 Juni 2018 lalu, Mal online Blibli.com sudah memperkuat strategi omnichannel yakni memaksimalkan seluruh kanal penjualan baik online dan offline, dengan menjadi e-commerce pertama yang memperkenalkan fitur Click&Collect.

“Fitur ini memungkinkan pelanggan merasakan kemudahan berbelanja online di website Blibli.com, namun tanpa perlu repot menunggu kurir mengantar ke alamat tujuan. Sebab, para pelanggan dapat mengambil pesanan dengan mengunjungi toko offline milik merchant partner (Collect),” ungkap Wisnu.

Wisnu menjelaskan, industri e-commerce kini memasuki era e-commerce 4.0 yang ditandai berkembangnya strategi ritel omnichannel. Strategi ini mencakup cara penjualan online-to-offline (O2O), yang di mana merchant partner menggabungkan kekuatan kanal online dan offline agar meningkatkan kepuasan berbelanja para pelanggan yang terkoneksi ke internet.

Di era e-commerce 4.0, sambung Wisnu, para pelanggan menggunakan platform online untuk membandingkan harga, memeriksa spesifikasi produk serta mendapatkan penawaran khusus. Tapi, mereka tetap menginginkan pengalaman offline untuk melihat, merasakan dan mencoba produk sebelum dibawa pulang.

“Blibli.com menjawab semua kebutuhan pelanggan dalam berbelanja bersifat online to offline, melalui fitur Click&Collect. Selain itu, melalui fitur ini pelanggan bisa memanfaatkan sistem pembayaran yang aman, pilihan metode pembayaran dan berbagai penawaran khusus. Berikutnya, mereka bisa mengambil belanjaan di toko offline untuk memastikan kecocokan produk,” pungkas Wisnu.

Viendra Primadia, Head of Digital Business Alfamart menambahkan, kerjasama dengan Blibli.com Click&Collect dapat memperluas sales point Alfamart di platform online untuk memudahkan konsumen berbelanja produk sehari-hari. Produk terpopuler yang dibeli konsumen melalui Click&Collect diantaranya mi instan, minyak goreng, gula dan susu.

Kedepannya, Blibli.com dan Alfamart akan memperluas kemitraanya hingga ke seluruh toko swalayan di Jawa dan Bali hingga akhir 2019. Saat ini, layanan Click&Collect tersedia di jaringan Alfamart sekitar Jabodetabek, targetnya hingga akhir 2019 akan tersedia di seluruh Jawa dan Bali.

Selain sektor groceries, elektronik dan gadget juga unggul, karena mereka ingin memastikan bahwa produk yang mereka beli sesuai dengan kebutuhan. Terutama mengingat price point produk-produk tersebut cukup bernilai lebih tinggi.

Samuel Ong, Founder of FUJISHOPid mengaku,
toko-toko ritel offline juga tertarik menjadi merchant partner Click&Collect.

“Alasannya, selain menambah kanal penjualan dan pemasaran, kami dapat memanfaatkan secure payment gateway dan fasilitas customer care center yang sudah disediakan Blibli.com.” ucap Samuel.

Pengakuan Samuel, lensa kamera, kamera mirrorless dan action camera menjadi produk Click&Collect yang paling terpopuler di para pelanggan toko offline FUJISHOPid, yang terletak di Jakarta dan Bali.

Saat ini, Click&Collect sudah bermitra dengan 28 merchant partner dari berbagai kategori produk termasuk gadget dan groceries.

“Hadirnya merchant partner ini mendorong volume pemesanan mencapai setidaknya 250 ribu order per Juni 2019. Click&Collect juga memperbanyak dan memperluas jaringan toko melalui kemitraan bersama merchant partner besar lainnya di Indonesia,” jelas Samuel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *