Daihatsu Yonex Japan Open 2019 : 11 Wakil Indonesia Melaju ke Babak Kedua

MEDANHEADLINES.COM – Setelah menyelesaikan ajang Indonesia Open 2019, perjuangan pahlawan bulutangkis Indonesia kembali berlanjut di BWF World Tour Super 750 Daihatsu Yonex Japan Open 2019 yang digelar di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo. Dari 17 wakil Indonesia yang ikut bertanding, 11 diantaranya berhasil melaju kebabak kedua.

Pertandingan babak 32 Besar Japan Open 2019 digelar dalam dua hari. Dihari pertama pada Selasa, 23 Juli 2019, tujuh wakil Indonesia berhasil menang dari lawannya. Dari sektor tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting berhasil mengalahkan tunggal Tiongkok, Lu Guang Zu dalam dua set langsung, 22-20 dan 21-16. Selanjutnya, Ginting akan melawan Sitthikom Thammasin dari Thailand.

Langkah Ginting diikuti tunggal putra lainnya, Tommy Sugiarto. Putra legenda Indonesia, Icuk Sugiarto mengalahkan pemain Prancis, Brice Leverdez dengan skor 26-24, 21-6. Dibabak 16 besar, Tommy akan menghadapi Vincent Wong Wing Ki asal Hongkong.

Sementara satu-satunya tunggal putri yang bermain dihari pertama, Gregoria Mariska Tunjung berhasil menjaga kans juara. Menghadapi Line Hojmark Kjaersfeldt asal Denmark, Gregoria menang 21-15, 21-17. Namun langkah Gregoria dipastikan bakal menemui jalan terjal, sebab sudah ditunggu pemain ranking 1 dunia, Tai Tzu Ying asal Taiwan.

Dari sektor ganda putra dan putri, masing-masing satu pasangan berhasil menang dihari pertama. Ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berhasil mengalahkan Lu Ching Yao/Yang Po Han asal Taiwan. Dengan skor 21-10, 21-13. Sedangkan Greysia Pollii/Apriyani Rahayu mengalahkan pasangan Belanda, Selena Piek/Cheryl Seinen dengan skor 21-14, 21-13.

Dibabak selanjutnya, Fajar/Rian akan melawan jagoan Korea, Ko Sung Hyun/Shin Baek Cheol. Sedangkan Greysia/Apriyani sudah ditunggu ganda muda Tiongkok, Dong Wengjing/Feng Xuenjing.

Dua wakil Indonesia yang melaju kebabak 16 besar dihari pertama, yaitu pasangan ganda campuran Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti. Jika Hafiz/Gloria menang atas Goh Soon Huat/Shevon Jemie Lai asal Malaysia (21-19, 21-18), maka Praveen/Melati unggul atas wakil tuan rumah, Yuki Kaneko/Misaki Matsutomo dengan skor ketat, 21-15, 19-21 dan 21-10.

Dibabak selanjutnya, Hafiz/Gloria akan menantang pasangan Inggris, Marcus Ellis/Lauren Smith. Sementara Praveen/Melati ditunggu Chang Tak Ching/Ng Wing Yung asal Hongkong.

Kesuksesan Ginting dan kolega kembali ditajamkan dihari kedua pada Rabu, 24 Juli 2019. Dari 6 wakil Indonesia yang bertanding, empat diantara berhasil melewati hadangan para lawan-lawannya. Sektor ganda putra yang paling sukses dengan meloloskan tiga dari empat wakil yang bertanding. Yaitu, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira/Ade Yusuf dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Marcus/Kevin yang baru saja menjuarai Indonesia Open 2019 tanpa halangan berarti mampu mengandaskan He Ji Ting/Tan Qiang asal Tiongkok dalam dua set langsung, 21-18 dan 21-12. Dibabak selanjutnya, pasangan yang dijuluki Duo Minion itu sudah ditunggu pasangan muda Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Sementara Wahyu/Ade juga berhasil mengalahkan Goh V Shem/Tan Wee Kiong asal Malaysia dengan skor 24-22, 21-10, Begitupun dengan Ahsan/Hendra yang mengatasi perlawanan ganda Jerman, Mark Lamsfuss/Marvin Seidel, 21-16, 21-17. Sayangnya, salah satu diantara mereka dipastikan akan mengakhiri perjuangannya dibabak 16 besar karena keduanya akan saling berhadapan untuk memperebutkan satu tempat diperempatfinal.

Satu wakil Indonesia terakhir yang berhasil melaju ke 16 besar adalah Jonathan Christie dari tunggal putra. Menghadapi Suppanyu Avihingsanon asal Thailand, Jojo-panggilan akrab Jonathan, berhasil menang 21-15, 23-21. Diperdelapanfinal, Jojo sudah ditunggu pemain Hongkong, Ng Ka Long Angus. (Ask)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *