Fandy Matondang, Duta GenRe Yang Menginspirasi

Foto (doc)

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Fandy Matondang, namanya sudah tak asing lagi di telinga anak-anak muda Kota Medan. Fandy kerap kali diundang sebagai pembicara atau narasumber pada event-event di Kota Medan. Tidak heran, dengan segudang prestasinya menghantarkan Fandy menjadi sosok inspiratif bagi anak-anak muda sekarang.

Pria yang akrab disapa Fandy ini, dikenal sebagai Mahasiswa berprestasi. Saat ini, Fandy sedang menempuh pendidikannya di Universitas Sumatera Utara (USU) Fakultas Pertanian jurusan Agribisnis.

Sebutan Duta Generasi Berenca (GenRe) sangat melekat pada diri Fandy. Saat ini Fandy tengah menjabat sebagai Duta GenRe Jalur Pengabdian Masyarakat. Ajang pemilihan duta besutan BKKN ini bertujuan mencari anak-anak muda untuk mempelopori program-program yang diusung BKKN.

Program yang dimaksud berupa pencegahan seks pranikah, menghindari pernikahan dini bagi remaja, dan penyalahgunaan narkoba. Sudah menjadi tugas Fandy untuk bersosialisasi ke kota-kota yang ada di wilayah Sumatera Utara baik kota yang besar maupun kecil.

“Sosialisasi yang dilakukan lebih kepada anak-anak remaja. Karena masa remaja merupakan masa yang rawan, hal inilah yang menjadi titik fokus dalam mengedukasi para remaja untuk tetap produktif di masa muda,”ujar Fandy.

Selain berprestasi menjadi seorang Duta GenRe, sebelumnya Fandy sering mengikuti ajang kedutaan di Kota Medan. Seperti Duta Bahasa dan Duta Mahasiswa. Fandy meraih prestasi sebagai juara 2nd Runner Up Duta Bahasa dan Duta Bahasa Favorit Sumatera Utara. Sedangkan dalam pemilihan Duta Mahasiswa, Fandy berhasil meraih gelar kehormatan sebagai Duta Mahasiswa Putra. Sekaligus menjadikan Fandy mahasiswa pertama yang mendapatkan gelar tersebut.

Fandy sangat menyukai dunia kedutaan karena menurutnya ajang-ajang pemilihan duta ini dapat berdampak dengan orang lain. Tidak hanya sekedar mendapatkan gelar saja, tapi ia bisa kerja nyata untuk kebaikan orang lain.

Seperti menjadi seorang Duta GenRe yang telah disebutkan di atas, Fandy dapat pergi ke berbagai daerah di kota-kota Sumatera Utara untuk bersosialisasi kepada anak remaja disana.


Tak hanya itu, Fandy juga ikut berkampanye di wilayah kota Medan untuk menyukseskan program yang dicanangkan oleh BKKN. Saat menjabat sebagai Duta Bahasa Fandy ikut untuk memotivasi anak-anak muda saat ini dalam melestarikan bahasa Indonesia dan bahasa daerah.

Kemudian saat menjabat sebagai Duta Mahasiswa Putra, Fandy  menjadi perwakilan suara mahasiwa dan representasi mahasiswa USU. Lewat duta mahasiswa Fandy bertugas untuk fokus ke mahasiswa yang mau melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Fandy ikut memberi seminar motivasi, kiat-kiat lulus SBM, SNM. Serta Ia juga aktif di kegiatan sosial, seperti berkunjung ke Sinabung untuk memberi bantuan dan menghibur anak-anak korban bencana.

Bagi Fandy kesuksesan yang dimilikinya merupakan sebuah karunia dari Yang Maha Kuasa.

Pria kelahiran Simpang Panigoran Labura ini selalu bersyukur dan berterima kasih atas apa yang didapatkannya hingga saat ini. Ia ingin dengan prestasi yang dimilikinya saat ini, anak-anak muda dapat terinspirasi, karena jika ia bisa maka anak muda lainnya juga pasti bisa. Kepribadian Fandy yang ramah dan supel ini menjadikannya sosok yang disukai bagi para remaja kota Medan. (*/raj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *