Dikalahkan Jepang, Indonesia Gagal Bawa Pulang Piala Sudirman 2019

MEDANHEADLINES.COM – Indonesia masih harus bersabar untuk membawa kembali Piala Sudirman ke tanah air. Terkini, Hendra Setiawan dan kolega harus kalah dari Jepang dengan skor 1-3 dibabak semifinal Piala Sudirman 2019.

Bertanding di Guangxi Sports Center Gymmansium, Nanning, Cina, pada Sabtu, 25 Mei 2019, Indonesia sebenarnya berhasil membuka harapan pada pertandingan pertama. Ganda putra andalan Indonesia sekaligus peringkat 1 dunia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo mengalahkan musuh bebuyutannya, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda.

Sejak awal, Marcus/Kevin berhasil memegang kendali. Permainan cepat duo Minions gagal diimbangi lawan hingga menang 21-14. Kegemilangan Minions kembali berlanjut diset kedua. Meski mendapat perlawanan lebih ketat dari pasangan peringkat 2 dunia dari Jepang tersebut, Marcus/Kevin tetap mampu merebut set kedua dengan skor 21-18.

Keberhasilan Minions gagal diikuti tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung. Pemain peringkat 15 dunia tersebut gagal membendung permainan tunggal putri Jepang, Akane Yamaguchi. Dalam dua set langsung, Gregoria harus takhluk 13-21 dan 13-21 dari pemain rangking 4 dunia tersebut.

Hasil minor di tunggal putri, masih berlanjut disektor putra. Anthony Sinisuka Ginting yang dipercaya bertanding gagal membendung pemain peringkat satu dunia saat ini, Kento Momota. Meski berhasil memberi perlawanan sengit, Ginting pada akhirnya harus mengakui keunggulan Momota dengan skor 17-21 dan 19-21.

Kekalahan Ginting membuat Indonesia berada diujung tanduk. Partai keempat yang mempertandingkan ganda putri menjadi penentu nasib Indonesia guna melaju ke final untuk selanjutnya melawan Tiongkok yang sudah menunggu.

Sayangnya, pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang dipercaya gagal menghadang laju Mayu Matsutomo/Wakana Nagahara. Seperti sebelumnya, partai kali ini juha diselesaikan dengan dua set langsung, 15-21 dan 17-21 untuk kemenangan Wakana/Nagahara.

Kekelahan Indonesia membuat Hendra Setiawan dan kolega harus puas dengan medali perunggu. Indonesia juga masih harus kembali puasa gelar Piala Sudirman yang terakhir dan hanya sekali diraih, yaitu pada gelaran perdana ditahun 1989.

Saat itu di partai puncak, Indonesia menang 3-2 dari Korea Selatan dan merebut gelar juara dalam ajang yang namanya diambil dari “bapak bulutangkis” tanah air, Dick Sudirman. (Ask)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *