Aktivitas Vulkanisnya Menurun, Status Gunung Sinabung Diturunkan Ke Level Siaga

MEDANHEADLINES.COM, Karo – Gunung Api Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara mengalami penurunan status dari level IV (Awas) menjadi level III (Siaga) Menyusul aktivitas gunung setinggi 2.460 Meter di Atas Permukaan Laut (Mdpl) itu terus mengalami penurunan

Penurunan status itu disampaikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Badan Geologi melalui Surat bernomor 948/45/BGL.V/2019 dari Kementerian ESDM Badan Geologi yang menyatakan Gunung Sinabung turun status per, Senin (20/5) hari ini.

“Tingkat aktivitas Sinabung ini dapat dievaluasi kembali untuk dinaikkan atau diturunkan sesuai dengan tingkat ancaman atau potensi bahayanya,” ujar Petugas Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung Armen Putra.

Meski statusnya sudah turun menjadi level III siaga, masyarakat tetap tidka diperkenankan untuk masuk ke dalam zona merah. Masyarakat tidak boleh melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi dalam radius 3 KM untuk sektor Barat-Selatan, radius 5 Km untuk sektor Selatan-Timur, radius 4 Km untuk sektor Timur-Utara, dan radius 3 Km untuk sektor Utara-Barat dari puncak Gunung Sinabung.

“Oleh karena itu pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi akan selalu berkoordinasi dengan BPNPB, BPBD Sumut dan BPBD Karo dalam memberikan informasi tentang kegiatan Gunung Sinabung dan masih ada rekomendasi lainnya,” pungkas Armen.

Untuk diketahui bahwa secara geografls, Gunung Sinabung terletak pada posisi koordinat 3°10′ LU dan 98°23,5′ BT, dengan ketinggian puncak 2.460 mdpl. Secara adminimstratif Gunung Sinabung masuk ke dalam wilayah Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara dan diamati secara visual dan instrumental dari Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) yang berada di Desa Ndokum Siroga. Kecamatan Simpang Empat. Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara.

Pada tanggal 3 November 2013, tingkat aktivitas Gunung Sinabung dinaikkan dari Level II (Waspada) menjadi Level III (Siaga). Peningkatan aktivitas vulkanik terus berlanjut sehingga pada tanggal 24 November 2013 tingkat aktivitas Gunung Sinabung dinaikkan dari Level III (Siaga) menjadi Level IV (Awas). Pada tanggal 8 April 2014 tingkat aktivitas Gunung Sinabung kembali diturunkan dari Level IV (Awas) menjadi Level III (Siaga). Aktivitas Gunung Sinabung meningkat kembali secara visual dan Instrumental, sehingga terhitung tanggal 2 Juni 2015 Pukul 23:00 WIB dinaikkan dari Level III (Siaga) menjadi Level IV (Awas). Hingga akhirnya pada 20 Mei 2019 Sinabung diturunkan statusnya menjadi level III (Siaga).(goy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *