Laga Perdana Piala Sudirman 2019, Indonesia Babat Inggris 4-1

 

MEDANHEADLINES.COM – Tim bulutangkis Indonesia berhasil memenuhi targetnya dalam laga perdana Piala Sudirman 2019. Menghadapi Inggris, Anthony Sinisuka Ginting dan kolega menyapu bersih kemenangan dengan skor 4-1 dalam pertandingan yang berlangsung di Guangxi Sports Center Gymmansium, Nanning, Cina, pada Minggu, 19 Mei 2019.

Ambisi kemenangan Indonesia telah terlihat saat tim pelatih menetapkan daftar 5 pemain/pasangan pemain yang diturunkan. Pemain-pemain andalan Indonesia layaknya Duo Minions dan pasangan Greysia Polli/Apriyani Rahayu langsung diturunkan meski melawan negara yang diatas kertas mudah untuk dikalahkan.

Terbukti di partai perdana yang mempertandingkan sektor ganda putar, Duo Minions, Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo langsung menyumbangkan poin. Dihadapkan dengan pasangan Marcus Ellis dan Chris Langridge, Marcus/Kevin menang 21-9 dan 21-18 dalam durasi 39 menit.

Di partai kedua yang memainkan sektor ganda putri, Gregoria Mariska Tunjung menjauhkan keunggulan Indonesia. Hanya membutuhkan waktu 23 menit, Gregoria berhasil mengalahkan tunggal putri Inggris, Abigail Holden dengan skor 21-10 dan 21-13.

Jagoan Indonesia disektor tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting memainkan partai ketiga Indonesia. Lawannya, pemain peringkat 76 dunia, Toby Penty, tunggal putra peringkat 65 dunia. Hasilnya, Ginting menentukan kemenangan Indonesia dalam dua set langsung, 21-9 dan 21-12.

Meski telah unggul 3-0 dan memastikan kemenangan, partai keempat dan kelima tetap dipertandingkan selama babak penyisihan grup. Pasangan Greysia Polli dan Apriyani Rahayu yang turun di partai keempat berhasil mengandaskan perlawan sengit pasangan Chloe Birch dan Lauren Smith. Greysia/Apriyani harus bekerja keras sebelum menang dengan skor 21-16 dan 21-18.

Sayangnya Indonesia gagal menyempurnakan kemenangan di partai terakhir. Musababnya, pasangan ganda campuran Praveen Jordan dan Melati Daeva Oktavianti harus mengakui keunggulan duet pasutri Chris Adcock dan Gabrielle Adcock dalam dua set langsung. Pasangan peringkat 7 dunia tersebut harus kalah 17-21 dan 18-21 dari pemain yang berperingkat dunia satu strip dibawahnya.

Meski gagal menyapu bersih, namun kemenangan dilaga perdana menjadi modal berharga Indonesia untuk menggapai target awal sebagai juara grup dalam babak penyisihan Piala Sudirman 2019. Selain Inggris, Indonesia yang berada di grup 1B masih akan berhadapan dengan Denmark dipartai selanjutnya pada Rabu, 22 Mei 2019.

Laga menghadapi Denmark akan menentukan siapa yang akan menjadi juara dalam grup ini. Status juara grup sendiri amat dibutuhkan Indonesia untuk menghindari lawan yang lebih tangguh guna memuluskan langkah Indonesia menjadi juara untuk kedua kalinya dalam ajang yang namanya diambil dari “bapak bulutangkis” tanah air, Dick Sudirman.

Satu-satunya juara yang pernah diraih Indonesia yaitu dalam gelaran perdana pada tahun 1989. Saat itu, Indonesia mengalahkan Korea Selatan dengan skor 3-2 dipartai puncak. Setelahnya, Tiongkok lebih mendominasi dengan raihan 10 gelar juara disusul Korea Selatan dengan 4 gelar. (ask)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *