Manfaatkan Dana Desa, Desa Gunung Marijo Bangun TPT Sepanjang 360 Meter

MEDANHEADLINES.COM- Melalui dana desa (DD) 2018, Desa Gunung Marijo, Kecamatan Pinang Sori, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara mulai berbenah meningkatkan infrastruktur desa.

Dana desa tahun 2018 pun digelontorkan untuk meningkatkan pembangunan tembok penahan tanah (TPT) yang dikeluhkan warga.

Kades Gunung Marijo, Janedison Panggabean mengatakan, dengan dibangunnya sarana penunjang tersebut tentu akan membantu kenyamanan masyarakat dan melancarkan akses perekonomian.

“Dengan adanya dana desa ini, desa kami sangat terbantu untuk meningkatkan infrastruktur yang lebih baik,” kata Janedison saat ditemui, Rabu (8/5).

Dikatakan, melalui dana desa tahun 2018, saat ini pihaknya telah membangun TPT sepanjang 350 Meter untuk 3 Dusun di desa Gunung Marijo.

“Yang pertama itu di Dusun satu dengan panjang TPT 160, dan untuk Dusun dua dan tiga, panjang TPT yang telah dibangun itu sepanjang 190 Meter,” jelasnya.

Dijelaskannya, sebelum pembangunan TPT dilakukan, parit yang menghubungkan 3 Dusun di Desa Gunung Marijo kerap tersumbat saat hujan deras. Akibatnya, warga yang berada di sekitar pun terdampak genangan air.

“Dulu parit ini masih tanah, jadi kalau hujan deras parit ini sering tersumbat sehingga menyebabkan banjir,” jelasnya.

Ditambahkannya, dengan pembangunan TPT tersebut, parit dengan ketinggian 2,70 meter dan Lebar 4 meter ini tentu akan membuat air dalam parit mengalir dengan baik.

“Tahun ini (2019) dengan dana desa, kami akan melanjutkan pembangunan TPT dengan panjang 260 meter,” katanya. (hen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *