Sidang Isbat, Kemenag : Puasa Ramadan 2019 Dimulai Pada Senin 6 Mei 2019

Petugas memantau penampakan Hilal di Masjid Al-Musyari’in, Basmol, Jakarta, Minggu (5/5). [Suara.com/Arief Hermawan P]

MEDANHEADLINES.COM – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengumumkan umat muslim Indonesia akan menjalani awal puasa Ramadan pada hari Senin (6/5/2019), awal pekan ini.

Keputusan itu ditetapkan melalui sidang itsbat yang digelar pada Minggu (5/5/2019). Sidang isbat sendiri dipimpin oleh Abdullah Zaini dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan perwakilan DPR Komisi VII Ali Taher

“Hasil sidang isbat tadi menetapkan 1 Ramadan jatuh pada hari Senin, tanggal 6 Mei 2019,” kata Lukman di kantor Kementerian Agama Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (5/5/2019).

Lukman menjelaskan, dalam sidang itsbat telah diterima laporan terkait dengan dua hal. Pertama, posisi hilal, dan kedua laporan dari pelaku rukyat hilal yang diselenggarakan di 102 titik seluruh Indonesia.

Peserta sidang itsbat yang dipimpin Menteri Agama pun mendengarkan kesaksian dari pelaku rukyat yang melihat dan menyaksikan adanya hilal.

“Dalam sidang itsbat itu dilaporkan bahwa posisi hilal berada di posisi antara 4 derajat 30 menit hingga 5 derajat 42 menit. Dari pelaku rukyatul hilal yang tersebar di 102 titik sampai dengan sidang itsbat berlangsung, kita terima 9 pelaku, yang melaporkan berhasil melihat hilal dan disumpah ,” jelasnya.

Hilal tersebut, jelas Lukman, terlihat di antaranya di Wilayah Gresik, Bangkalan, Makassar, Sukabumi dan Brebes. Dalam kesempatan sidang isbat tersebut dihadiri perwakilan pimpinan orma Islam, LAPAN, Boscha Bandung, BMKG, perwakilan dan duta besar negara sahabat. (red/suara.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *