Leg 1 Liga Europa, Arsenal Bungkam Valencia 3-1

Penyerang Arsenal, Alexandre Lacazette merayakan golnya ke gawang Valencia pada laga leg pertama semifinal Liga Europa 2018/2019 di Emirates Stadium, Jumat (3/5/2019) dini hari WIB. [Glyn KIRK / AFP]

MEDANHEADLINES.COM – Arsenal melakoni comeback untuk meraih kemenangan krusial dengan skor 3-1 atas wakil Spanyol Valencia, dalam laga leg pertama semifinal Liga Europa 2018/2019 di Emirates Stadium, Jumat (3/5/2019) dini hari WIB.

Setelah tim tamu unggul lebih dahulu lewat gol Mouchtar Diakhaby pada menit 11, Arsenal berhasil bangkit. Alexandre Lacazette tampil gemilang untuk mencetak dua gol pada menit 18 dan 25, untuk unggul 2-1 saat turun minum.

Gol telat dari Pierre-Emerick Aubameyang di menit 90 pun membuat Arsenal menang 3-1, sekaligus mengamankan keunggulan agregat yang cukup ideal jelang leg kedua yang akan dihelat pekan depan di markas Valencia, Estadio Mestalla.

Di Emirates Stadium, Arsenal dan Valencia saling menekan satu sama lain di awal-awal laga. Arsenal mengancam lewat Lacazette, sementara Valencia lewat Ezequiel Garay. Sayang, belum ada yang berhasil menjadi gol.

Valencia kemudian mencuri gol dan unggul 1-0 pada menit 11. Berawal dari sepak pojok yang dieksekusi kapten Dani Parejo, Rodrigo Moreno meneruskannya ke tiang jauh. Bola pun disambar Diakhaby lewat sundulan untuk menjadi gol.

Tujuh menit berselang, Arsenal berhasil menyamakan skor. Aubameyang lepas dari perangkap offside dan langsung berlari ke kotak penalti Valencia.

Sang striker berhasil mengecoh kiper Valencia Neto, sebelum menyodorkan umpan matang ke striker Arsenal lainnya, Lacazette. Tanpa kesulitan, nama terakhir menceploskan bola ke gawang yang sudah kosong.

Arsenal berbalik unggul 2-1 pada menit 25. Lacazettte sukses memanfaatkan crossing Granit Xhaka untuk kembali mencatatkan namanya di papan skor.

Bola sundulan Lacazette sejatinya berhasil ditepis Neto. Namun karena terlalu deras, bola membentur tiang sebelum melewati garis gawang.

Memasuki babak kedua, Arsenal masih mendominasi. Meski demikian, tim asuhan Unai Emery itu kesulitan masuk ke dalam kotak penalti Valencia besutan Marcelino.

Valencia sendiri sempat mengancam gawang Arsenal pada menit 72. Namun, tembakan pemain pengganti, Kevin Gameiro dari jarak dekat masih bisa ditepis kiper gaek Arsenal, Petr Cech.

Setelah kedua tim saling jual-beli serangan, Arsenal akhirnya memastikan kemenangan 3-1 usai Aubameyang bikin gol di menit pamungkas waktu normal.

Striker internasional Gabon itu membobol gawang Valencia dengan tembakan first time dari jarak dekat, usai menyambut crossing brilian Sead Kolasinac dari sisi kiri.

Susunan Pemain

Arsenal XI: Cech, Mustafi, Koscielny/Monreal, Sokratis; Maitland-Niles, Guendouzi/Torreira, Xhaka, Kolasinac; Ozil/Mkhitaryan, Aubameyang, Lacazette.

Pelatih: Unai Emery (Spanyol)

Valencia XI: Neto; Roncaglia, Diakhaby, Garay, Paulista, Gaya; Piccini, Soler/Wass, Parejo, Guedes/Gameiro; Moreno/Mina.

Pelatih: Marcelino (Spanyol)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *