Jemaah Naqsabandiyah Al Kholidiyah Sumut Tetapkan 4 Mei Awal Ramadan 1440 H

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Berdasarkan hisab yang dilakukan Majelis Fatwa Tarekat Naqsabandiyah Al Khoiriyah Al Islamiyyah di Sumatera Utara, puasa pertama Ramadhan 1440 H jatuh pada Sabtu (4/5).

“Hasil hisab qamariyah yang kita lakukan, 1 Ramadan 1440 H jatuh pada Sabtu 4 Mei 2019,” kata Syekh Muda Muhammad Yusuf Hamdani, Sekretaris Majelis Fatwa Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah, saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (2/5).

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Tareqat Naqsyabandiyah Al-Kholidiyah Jalaliyah menjalani ibadah puasa genap 30 hari. Penghitungan hisab Qamariah dilakukan oleh tim hisab tarekat yang berpusat di Bandar Tinggi, Simalungun, Sumut ini.

Berdasarkan hasil penetapan 1 Ramadan 1440 H yang jatuh pada 4 Mei 2019, jemaah Tareqat Naqsyabandiyah Al-Kholidiyah Jalaliyah akan serentak melaksanakan ibadah sholat tarawih yang dimulai pada Jumat (3/4) malam besok. Tarawih berjamaah dilakukan di sejumlah lokasi yang menjadi pusat tarekat ini, seperti di masjid di Pondok Pesantren Yayasan Dr Syekh Salman Daim di Bandar Tinggi, Simalungun.

Khusus untuk jemaah yang bermukim di Kota Medan, sholat tarawih berjamaah dilaksanakan di rumah suluk Tarikat Naqsabandiyah Al Kholidiyah yang berada di Jalan Kongsi Gang Leman Harahap, Mariendal, Deli Serdang.

Ketetapan awal Ramadan 1440 H ini sudah disampaikan kepada semua jemaah Tareqat Naqsyabandiyah Al-Kholidiyah Jalaliyah yang ada di seluruh Indonesia.

“Untuk jumlah pasti jama’ah di Sumut kita belum ada mendata. Tapi jika kita perkirakan, jama’ah yang ada berkisar antara 5.000 hingga 10.000 orang,” jelas Yusuf. (afd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *