Sumut  

Gelar Pelatihan Pokdarwis, Dinas Pariwisata Tapteng Undang Kementerian Pariwisata

 

MEDANHEADLINES.COM, Dinas Pariwisata Tapanuli Tengah, Sumatera Utara menggelar pelatihan keterampilan kepada 72 peserta kelompok sadar wisata, Senin (29/4).

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) ini merupakan kelompok swadaya yang tumbuh dari oleh dan untuk masyarakat. Dibentuknya pokdarwis ini juga bertujuan meningkatkan pengembangan pariwisata di daerah.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Tapteng, yang diwakili oleh asisten Ekonomi dan Pembangunan, Aris Sutrisno saat membuka acara pelatihan yang dilaksanakan di Ball Room Hotel PIA Pandan.

“Kelompok sadar wisata merupakan kelompok yang tumbuh atas inisiatif dan kemauan serta kesadaran masyarakat sendiri yang ikut berpartisipasi aktif,” ungkapnya.

Dikatakannya, saat ini Tapanuli Tengah merupakan tujuan wisata di Sumut bagian pantai barat. Dalam hal ini Tapanuli Tengah dikenal kaya dengan pulau, laut dan peninggalan sejarah.

“Kelompok sadar wisata merupakan ujung tombak pariwisata yang dapat meningkatkan kujungan wisatawan dan meningkatkan perekonomian masyarakat,” ucapnya.

Ia juga berharap, dengan dilaksanakan pelatihan ini, masyarakat yang tergabung dalam Pokdarwis dapat memberikan kemajuan pariwisata di Tapanuli Tengah.

“Daerah kita memiliki banyak destinasi yang menjadi unggulan, untuk itu masyarakat harus bisa melestarikan berbagai obyek dan daya tarik wisata untuk meningkatkan pembangunan kepariwisataan,” harapnya.

Dia menambahkan, pembangunan kepariwisataan merupakan kegiatan lintas sektoral. Karena itu kata Aris, suksesnya pembangunan kepariwisataan daerah sangat ditentukan oleh adanya dukungan serta partisipasi aktif seluruh lapisan masyarakat, baik unsur pemerintah maupun pihak swasta.

“Objek kita sangat banyak dan lengkap, oleh sebab itu perlu pengelolaan yang baik dan didukung oleh semua pihak baik dari pemerintah dan maupun Pokdarwis yang ada demi kemajuan pariwisata kita,” katanya.

Dalam acara tersebut, Dinas Pariwisata Tapteng turut mengundang narasumber dari Kementerian Wisata Indonesia, Rinto Taufik Simbolon. Selain itu, DPD Sumut HPI (Himpunan Pramuwisata Indonesia) juga turut hadir untuk membentuk cabang HPI di Tapanuli Tengah. (hen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.