Hanya Bayar 100 Ribu, Ini Tujuan Wisata Yang Dapat Dikunjungi di Pulau Samosir

Pemandangan Danau Toba Dari Atas Bukit Gajah Bobok

MEDANHEADLINES.COM, Toba Samosir – Punya rencana mengunjungi Pulau Samosir ? Atau masih bingung kemana tempat yang ingin dituju saat berada disekitar Danau Toba ? Kini tidak perlu cemas, wisatawan dapat mengunjungi berbagai destinasi di Pulau Samosir hanya dengan 100 ribu rupiah.

Musababnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir telah menyiapkan transportasi massal berupa bus pariwisata yang siap mengantarkan wisatawan.
“Tarifnya sangat terjangkau, hanya 100 ribu sudah termasuk tiket ke objek wisata,” ujar Wakil Bupati Samosir, Juang Sinaga.

Sedikitnya, terdapat 8 tempat yang dapat dikunjungi dengan menggunakan bus pariwisata yang berangkat dari Pasar Onan Baru, Pangururan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut fakta singkat mengenai destinasi-destinasi tersebut.

1. Pemandian Aer Rangat Samosir
Aer Rangat adalah kolam pemandian air panas yang berada dikawasan Pangururan. Posisinya hanya berjarak 3 kilometer dari pusat kota. Disini, terdapat beberapa kolam air panas dengan tingkat kepanasan berbeda yang dapat disesuaikan dengan selera masing-masing.

2. Batu Hobon
Dalam budaya Batak Toba, Batu Hobon diyakini sebagai tempat pusaka Si Raja senjata. Tempat ini dianggap keramat berdasarkan ceritAa yang dipercayai, Belanda sempat Batak tersimpan. Didalam terdapat kitab pengobatan, alat musik hinggamencoba membuka Batu Hobon namun tidak berhasil.

Posisi Batu Hobon berada di Kampung Sagala dan Limbong, Kecamatan Sianjur Mula-mula. Masuk dalam kawasan Gunung Pusuk Buhit-dipercayai sebagai tempat asal usul Suku Batak-, berjarak sekitar 12 kilometer dari Pangururan.

3. Sopo Guru Tatea Bulan
Sopo Guru Tatea Bulan atau Rumah Guru Tatea Bulan berada di Bukit Sulatti, Desa Sarimarrihit, Kecamatan Sianjur Mula-Mula. Guru Tatea Bulan adalah satu dari dua putra Si Raja Batak.

Sopo Guru Tatean Bulan dibangun oleh Dewan Pengurus Pusat Punguan Pomparan Guru Tatea Bulan pada tahun 1995. Didalamnya, terdapat patung keturunan Si Raja Batak berikut dengan kendaraannya.

4. Gedung Pusat Informasi Geopark Kaldera Toba (GKT), Samosir
Gedung Pusat Informasi GKT, Samosir, berada di lereng Gunung Pusuk Buhit. Disini tersedia ruang pengelola GKT, ruang pertemuan, theatre room hingga display room.

5. Aek Sipitu Dai
Aek Sipitu Dai adalah destinasi yang berada di Desa Aek Sipitu Dai, Kecamatan Sianjur Mula-Mula. Disini, terdapat sumber mata air yang dapat mengeluarkan 7 rasa berbeda.

Menurut cerita masyarakat yang berkembang, asal mula sumber air Aek Sipitu Dai berawal dari kisah Ompung Langgat Limbong. Generasi kedua marga Limbong tersebut sedang berupaya mencari sumber air. Lalu Ompung berdoa kepada Tuhan dan ikut menancapkan tongkatnya ke tanah hingga 7 kali.

Sempat tidak keluar dan Ompung yang dilanda kehausan, Ompung kembali berdoa. Hingga akhirnya muncullah sumber air dari 7 tempat yang ditancapkan tongkat sebelumnya.

6. Menara Pandang Tele
Jika ingin melihat spot terbaik dari Danau Toba dan sekitarnya, Menara Pandang Tele bisa menjadi pilihan. Menara Pandang Tele atau biasa disebut Menara Tele berada Jalan Tele, akses tunggal melalui jalur darat menuju atau keluar Pulau Samosir.

Dari menara berlantai 4 tersebut, pengunjung dapat menikmati melihat luas Danau Toba dan sekitarnya. Udara sejuk dari atas menara menambah keinginan wisatawan untuk berlama-lama diatas menara.

7. Air Terjun Sampuran Efrata
Untuk mencapai Air Terjun Sampuran Efrata, pengunjung hanya membutuhkan waktu 10-15 menit perjalanan darat dari Menara Pandang Tele. Disini, pengunjung dapat menikmati dingginya pancuran air yang jatuh dari atas tebing.

Banyak pengunjung yang datang ke Air Terjun Sampuran Efrata untuk melepas penat. Tidak hanya siang hari, beberapa pengunjung lainnya juga bermalam disekitar lokasi dengan membangun tenda.

8. Bukit Holbung
Bagi yang sering menonton serial kartun anak Teletubbies dimasa kecil, tentu tidak asing dengan gambaran berbukit hijau. Suasana senada juga dapat ditemui jika berkunjung ke Bukit Holbung. Setidaknya bagi masyarakat sekitar, nama Bukit Teletubbies menjadi sebutan lain bagi tempat yang masuk dalam Desa Janji Marhatan.

Mencapai Bukit Holbung, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 15 hingga 20 menit. Meski harus sedikit mendaki, namun keindahan yang bisa dilihat dari atas Bukit Holbung membuat pengunjung tetap wajib menjajal tempat ini.
Hamparan Danau Toba dengan teluk dibawah bukit bisa menjadi pengobat lelah yang dijalani.

Jika cuaca sedang bagus, pesona sunrise makin membius pengunjung untuk berlama-lama menikmati ciptaan Tuhan tersebut. (ask)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.