Tolak Pembubaran Kepengurusan Suara USU, Sejumlah Mahasiswa Gelar Unjuk Rasa

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Solidaritas Mahasiswa Bersuara (Somber) Universitas Sumatera Utara (USU) menggelar unjuk rasa di depan sekertariat Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) pers mahasiswa Suara USU, Jalan Universitas, Kampus USU, Kamis (28/3/2019).

Unjuk rasa ini mereka lakukan karena menolak adanya pencabutan SK pengurus pers mahasiswa Suara USU yang dilakukan oleh pihak Rektorat

“Rektor saat ini telah melakukan keputusan sepihak yang merugikan mahasiswa terutama pers mahasiswa dan ini merupakan persekusi Kami mahasiswa yang kaum intelektual menolak keras persekusi yang ada di dalam kampus terhadap ide-ide baru dan kreatifitas,” ucap pimpinan aksi, Felix Cristiano.

Felix juga mengungkapkan bahwa apabila SK tersebut tidak dicabut oleh pihak rektorat, mereka akan melakukan aksi lanjutan lagi.

“Kami akan melakukan aksi selanjutnya dalam bentuk karya seni seperti puisi, aksi demonstrasi, panggung seni untuk menyuruh pihak rektorat mencabut SK Kami tetap mendukung mahasiswa untuk berkreatifitas di dalam pers mahasiswa,” ungkapnya.

Felix menambahkan bahwa langkah tersebut merupakan bentuk otoriternya kampus sekaligus kegagalan dalam memahami arti kebebasan berekspresi, berkumpul dan menyampaikan pendapat.

“Pengekangan dan intervensi berlebihan seharusnya jauh dari kehidupan akademis yang demokratis dan menjunjung tinggi hak asasi manusia,” Pungkasnya.

Diketahui, pembubaran kepengurusan ini dilakukan setelah Pihak rektorat memanggil kepengurusan terkait sebuah cerpen yang mengandung konten LGBT yang dimuat di laman web mereka.

Dari hasil pertemuan itu, rektorat memutuskan untuk membubarkan kepengurusan Suara Usu dan berencana menggantinya dengan kepengurusan yang baru. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *