Zaman Mendrofa: Sail Nias 2019, Gerbang Kebangkitan Nias

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Ajang wisata bahari berskala nasional akan kembali digelar pada tahun ini. Nias di Sumatera Utara, ditunjuk sebagai tuan rumah. Ajang bergengsi ini kemudian disebut Sail Nias 2019.

Tahun 2018 lalu, event bergengsi ini berlangsung di Nusa Tenggara Barat dengan sebutan Sail Moyo Tambora Sumbawa.

Dipilihnya Nias menggawangi perhelatan akbar ini menyusul digelarnya Launching Sail Nias 2019 beberapa waktu lalu, disambut meriah warga Nias. Tokoh muda Zaman Karya Mendrofa mengungkap apresiasinya yang tinggi kepada Kemenko Maritim.

“Kami masyarakat Nias mengapresiasi dan terima kasih atas kepercayaan dan dipilihnya Sumatera Utara, khususnya Nias, sebagai tuan rumah untuk ajang tahunan wisata bahari pada tahun 2019,” kata Zaman dalam pernyataan resmi di Medan, Selasa (19/2/2019).

Penasehat organisasi Kesatuan Mahasiswa Nias (KMN) di Medan ini mengatakan, dipilihnya Nias sebagai tuan rumah, akan membantu mempercepat pembangunan dan kebangkitan Nias.

“Nias akan bergerak menjadi gerbang destinasi wisata bahari dunia,” katanya.


Zaman menyebut, Sail Nias Tahun 2019 merupakan strategi pariwisata yang tepat mendatangkan banyak wisatawan domestik maupun mancanegara.

“Tentunya akan memberi kontribusi devisa dan membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi Nias dan Sumut secara khusus, serta Indonesia secara umum,” tukas Zaman.

Menurut dia, Sail Nias 2019 merupakan momentum strategis bagi Nias mewujudkan impian Nias sebagai destinasi wisata dunia. Dengan ini Nias akan mengukuhkan kembali dirinya menjadi bagian dari identitas Indonesia sebagai negara bahari.

“Acara ini merupakan tonggak bagi Pemkab untuk menggaet Investor untuk membangun wilayahnya,” pungkas Zaman..

Meski penuh apresiasi dan antusiasme, Zaman mengaku memiliki kekhawatiran tersendiri. Menurut dia, Nias belum memiliki akomodasi yang representatif.

Karena itu ia meminta Pemperintah Pusat, Pemprov Sumut dan Pemko serta Pemkab di Kepulauan Nias berikut seluruh masyarakat Nias, harus bersinergi mensukseskan Sail Nias Tahun 2019.

Ia mengingatkan, penyelengaraan Sail Nias 2019 jangan hanya terfokus pada pembangunan infrastruktur fisik, namun harus memastikan pembangunan manusia yang lebih adaptif terhadap wisata bahari.

“Jangan sampai Sail Nias 2019 terkesan hanya menjadi kegiatan seremoni tanpa konsep yang jelas, yang menghamburkan uang negara tanpa manfaat bagi ekonomi lokal,” tutup Zaman. (raj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *