Miliki Lokasi Strategis, Menteri BUMN Targetkan Pendapatan Pelindo 1 Triliun di 2019

 

MEDANHEADLINES.COM, Medan – PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) 1 ditargetkan dapat meraih pendapatan minimal 1 trilyun di tahun 2019. Hal ini diungkapkan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno saat melakukan peresmian Proyek Strategis Pelindo 1 di Belawan, Sumatera Utara pada Ahad, 17 Maret 2019.

Target tinggi itu menurut Rini masuk akal melihat Letak pelabuhan Pelindo yang dini lai cukup strategis

“Di tahun 2018, sudah ada 25 perusahaan yang pendapatannya diatas 1 trilyun. Saya harapkan Pelindo 1 yang bisa masuk dalam perusahan tersebut,” ujar Menteri Rini

Rini juga menjelaskan faktor geografis menjadi modal utama Pelindo 1 dalam mencapai targetnya. Sebagai kawasan yang menjadi pintu utama masuknya barang-barang impor, harusnya Pelindo 1 bisa menunjukkan diri sebagai operator pelabuhan yang berstandar internasional.

Pemerintah juga akan terus mendorong upaya partnertship dengan Pertamina. Dimana Pelindo 1 nantinya akan mengelola pelabuhan-pelabuhan tempat beroperasinya kegiatan Pertamina. Sehingga diharapkan dapat memberikan efisiensi bagi Pelindo 1 dan Pertamina. Serta tentunya, pendapatan Pelindo 1 yang mencapai 911 milyar rupiah ditahun 2018, bisa terus meningkat ditahun-tahun berikutnya.

Selain itu, Menteri Rini pantai barat dan timur Sumatera mempunyai potensi yang sangat besar. Ditambah dengan Kantor Utama Pelindo 1 yang saat ini telah berpindah ke dekat pelabuhan, membuat Rini semakin yakin bahwa Pelindo 1 mampu bangkit dan mempunyai operasi yang lebih besar.

Disisi lain, Menteri Rini juga mengapresiasi para direksi dan karyawan Pelindo 1 khususnya dan BUMN lainnya secara umum, yang terus berupaya maksimal dalam memajukan perekonomian Indonesia. Terbukti dengan naiknya keuntungan BUMN secara keseluruhan dari 142 trilyun ditahun 2014 menjadi 190 trilyun yang diperkirakan diakhir tahun 2018.

Begitu pun dengan aset BUMN dari 4.500 trilyun diakhir tahun 2014, menjadi 8.020 trilyun diakhir tahun lalu.
“Saya terus menekankan agar BUMN lebih maju laju dan profesional lagi, supaya keuntungan lebih tinggi. Sehingga dengan keuntungan yang lebih tinggi, bisa turut membantu masyarakat sehingga masyarakat bisa jadi lebih sejahtera,” harap Rini.(ask)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *