BMKG : Gelombang Tinggi Dan Angin Kencang Berpotensi Landa Sumut -Aceh

Ilustrasi

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan imbauannya kepada masyarakat terkait adanya potensi gelombang tinggi mencapai 2,5 hingga 3 meter dalam beberapa hari kedepan.

Kepala Bidang Data dan Informasi Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan Syahnan mengatakan potensi gelombang tinggi ini berpeluang terjadi di wilayah laut bagian Barat Pulau Sumatera Yakni Perairan Banda Aceh – Sabang, Perairan Barat Aceh, Samudera Hindia Barat Aceh, Perairan Kepulauan Nias – Sibolga, Samudera Hindia Barat Kepulauan Nias, dan Perairan Utara Sabang,

Selain gelombang tinggi, Syahnan juga mengatakan situasi ini akan diberangi dengan kecepatan angin mulai dari 2-20 knot.

” Ini dipengaruhi oleh adanya belokan angin di Perairan Barat Sumatera, Sehingga menyebabkan angin di Perairan Sumatera bagian Utara pada umumnya bertiup dari Timur Laut hingga Selatan, lalu angin dari Timur Laut hingga Selatan, dan angin dari Barat hingga Timur Laut,” jelasnya, Senin (18/3/2019)

Syahnan juga menambahkan, untuk cuaca, kondisi ini umumnya akan dibarengi dengan hujan ringan hujan sedang, dan hujan lokal.

“Terutama di wilayah pelayaran Selat Malaka Bagian Utara, Perairan Lhokseumawe, Perairan Banda Aceh – Sabang, dan Samudera Hindia Barat Aceh (hujan ringan),” Jelasnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *