Ikuti Perkembangan Teknologi, Dosen Unimed Terapkan Blended Learning

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Kemajuan teknologi saat ini sangat berkembang pesat seiring perkembangan zamannya. salah satu pengaruh yang ditimbulkan di era saat ini adalah di bidang pendidikan.

“Tidak bisa dipungkiri bahwa teknologi informasi sudah merambah ke dunia pendidikan Oleh karena itu sangat disayangkan jika hal tersebut tidak didukung dengan model-model perkuliahan yang memanfaatkan teknologi ini,” ungkap dosen Fakultas Ekonomi Unimed Dr Janner Simarmata

Selain itu, blended learning di perguruan tinggi akan menjadi salah satu metode pembelajaran baru.

Menurutnya, Pendidikan berbasis Internet telah menghilangkan hambatan waktu dan tempat serta memberikan peserta didik akses ke informasi kapanpun dan dimanapun yang mereka inginkan

Dengan kata lain, peserta didik dapat mengakses informasi tanpa tergantung pada waktu, tempat dan ini membuat Internet bagian yang tidak terpisahkan dari pendidikan.

” Strategi blended learning yang baik adalah strategi yang menggabungkan kekuatan pembelajaran secara tatap-muka dengan keunggulan pembelajaran interaktif secara daring (dalam jaringan),” Ungkapnya.

Dikatakannya, Dengan Blended Learning ini, pembelajaran berlangsung lebih bermakna karena memanfaatkan berbagai macam media dan teknologi

Dijelaskannya, Pada awal semester genap ini, dosen Universitas Negeri Medan (Unimed) telah menerapkan model pembelajaran blended learning dengan menggunakan teknologi video live.

Salah satunya dosen yang melakukan hal itu adalah Feriyansyah MPd, Ia mencoba menerapkan model pembelajaran dengan mengundang Dr Janner Simarmata Dosen Fakultas Ekonomi (Unimed) dan Muhammad Iqbal MSi Dosen Fakultas Ilmu Sosial (Unimed) sebagai dosen tamu pada pembelajarannya dengan topik Pengembangan Media Bahan Ajar PKN SD, Senin (4/2/2019) di Gedung Fakultas Ilmu Pendidikan.

Kedua dosen tamu tersebut tidak hadir dalam kelas, namun hadir secara virtual dan dapat menyapa mahasiswa secara realtime. “Bahkan memberikan materi kuliah secara realtime juga,” pungkasnya.

Menurut Feriyansyah, pertemuan dengan menggunakan model ini sangat membantu dan menambah ilmu mahasiswa karena mahasiswa dapat belajar dengan dosen-dosen yang lain.

“Ke depannya, dengan menggunakan metode seperti ini mahasiswa bisa lebih semangat untuk belajar. Bahkan adanya metode ini juga dapat membantu para dosen dalam proses belajar mengajar,” harapnya.

Hal senada, Muhammad Iqbal mengungkapkan, blended learning mengkombinasikan cara perkuliahan konvensional atau tatap muka, perkuliahan daring.

Universitas Negeri Medan (Universitas negeri medan) sebagai salah satu universitas yang berkomitmen untuk terus berinovasi dalam bidang pendidikan yang menawarkan sistem pembelajaran online dan mobile.

“Sebagai Universitas terbesar di Sumatera Utara, Unimed telah menyiapkan dan menerapkan sistem pembelajaran blended learning ini,” Ungkapnya (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *