Gelombang Tinggi Diprediksi Landa Perairan Barat Sumut Dan Aceh Hingga 2 Hari Kedepan

MEDANHEADLINES.COM, Medan -Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan memprediksi adanya potensi gelombang setinggi 2 meter di wilayah perairan Barat Sumatera Utara (Sumut) dan Aceh

Kepala bidang Data dan Informasi BBMKG Wilayah I Medan Syahnan mengungkapkan, peringatan ini khususnya berlaku di wilayah perairan Kepulauan Nias-Sibolga, Samudera Hindia Barat dan Samudera Hindia Barat Nias, Perairan Barat Aceh, perairan Banda Aceh-Sabang, serta perairan Utara Sabang hingga tanggal 4 Februari mendatang.

“Gelombang tinggi ini diperkirakan mencapai 1.5 hingga 2 meter,” ungkap Syahnan, Sabtu (2/2/2019).

Syahnan juga memaparkan, untuk wilayah perairan lainnya, yakni Selat Malaka Bagian Utara, gelombang laut yang terjadi diprediksi berkisar antara ketinggian 0.5 – 1.5 meter, lalu Perairan Lhokseumawe 0.5 – 0.8 meter, begitu juga Selat Malaka Bagian Tengah 0.5 – 0.75 meter serta perairan Riau 0.5 – 0.7 meter.

“Sedangkan untuk kecepatan angin, rata-rata berkisar antara 2 sampai 20 knot” jelasnya.

Syahnan juga menjelaskan, prakiraan gelombang laut yang diprediksi tersebut, belum mencakup gelombang maksimum yang kemungkinan masih dapat terjadi. Bahkan untuk gelombang maksimum, sebutnya bisa mencapai dua kali lipat lebih tinggi dari prediksi yang sudah dilakukan.

“Sebagai catatan, gelombang maksimum dapat mencapai dua kali tinggi gelombang dari yang sudah kita sampaikan,” pungkasnya.

Untuk itu, syahnan mengimbau agar nelayan yang beroperasi di wilayah tersebut untuk lebih berhati-hati mengingat tingginya gelombang air laut tersebut dapat membahayakan pelayaran. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *