Tak Hanya Donor Darah, PMI Juga Berkaitan Dengan Tugas-Tugas Kemanusiaan

MEDANHEADLINES.COM,Medan – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah mengatakan kegiatan Palang Merah Indonesia (PMI) bukanlah hanya seputar aktivitas donor darah seperti yang disangkakan oleh banyak orang.

Dikatakannya,PMI juga memiliki aktivitas-aktivitas sosial kemanusiaan, dan kerelawanan lainnya khususnya yang berkaitan dengan kejadian bencana.

Hal ini ditegaskan Wagubsusaat membuka Musyawarah Kerja Provinsi Tahun 2018-2019 PMI Sumatera Utara (Sumut), di Hotel Grand Mercure Jalan Sutomo Medan, Sabtu (26/1).

“Saya berharap, PMI Sumut harus senantiasa melajutkan tugas-tugas kemanusiaan sebagaimana yang sudah dilakukan sebelum-sebelumnya. Apalagi, tugas kemanusian ini memang sangat dibutuhkan oleh negara kita saat ini yang semakin sering dilanda bencana. Pada musyawarah kerja ini, susun dan perbanyak kegiatan berupa pelatihan pada anggota,” ujar Musa Rajekshah yang juga akrab disapa dengan Ijeck.

Kegiatan pelatihan pada anggota, kata Ijeck, adalah kegiatan yang bisa melatih dan memantapkan skill pada aktivitas-aktivitas kerelawanan, penyelamatan, dan evakuasi korban bencana. Sehingga, jika dibutuhkan nantinya PMI Sumut menjadi garda terdepan dalam melakukan pertolongan bagi yang mebutuhkan.

Ijeck kemudian mengucapkan selamat atas terlaksananya Musyawarah Kerja Provinsi PMI Sumut. Dirinya berharap musyawarah kerja akan menghasilkan program-program kerja yang bermanfaat untuk kepentingan masyarakat banyak.

“Pada kesempatan ini, saya sampaikan juga kepada seluruh pengurus PMI kabupaten/kota yang hadir agar senantiasa menjaga kekompakan dan kebersamaan diantara kita. Mudah-mudahan kalau kompak, semakin mudah dan lancar kita melaksanakan tugas-tugas penting di tengah masyarakat,” tutur Ijeck yang juga merupakan Ketua PMI Medan.

Ketua PMI Sumut Rahmat Shah membenarkan bahwa PMI Sumut harus memperbanyak pelatihan-pelatihan yang bisa mengembangkan skill anggota. PMI Sumut, kata Rahmat, telah banyak melakukan tugas-tugas kerelawanan. Bukan hanya di Sumut, tetapi juga di luar Sumut..

“Seperti di Lampung, kita menurunkan relawan untuk membantu di sana. Di Lombok dan Donggala juga kita menghimpun dan mengirimkan bantuan. Mudah-mudahan keberadaan kita, terasa manfaatnya bagi orang banyak. Dan ini harus senantiasa kita tingkatkan,” ujar Rahmat.

Ketua Panitia Musyawarah Kerja Provinsi Tahun 2018-2019 PMI Sumut H Edward B Adam menyampaikan bahwa musyawarah akan dilaksanakan selama dua hari sejak 26 Januari 2019 hingga 27 Januari 2019. Musyawarah dihadiri oleh sebanyak 71 orang terdiri dari pengurus PMI Sumut, dan pengurus kabupaten/kota se Sumut.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *