Liverpool vs Arsenal, Pertahankan Keangkeran Anfield

Winger andalan Liverpool, Mohamed Salah. (Geoff CADDICK / AFP)

MEDANHEADLINES.COM – Liga Inggris 2018/2019 tengah berada dalam festive period alias periode sibuk. Setelah menggelar Boxing Day pada tengah pekan ini, laga-laga pekan ke-20 pun siap dihelat akhir pekan nanti.

Super big match yang mempertemukan Liverpool vs Arsenal di Anfield, Minggu (30/12/2018) dini hari pukul 00.30 WIB, praktis jadi highlight di matchweek 20 ini. Dua tim papan Inggris tersebut punya target masing-masing.
Liverpool yang sudah dipastikan menjadi juara paruh musim dengan raihan 51 poin dari 19 laga, tentu ingin terus menjaga keunggulan ideal mereka, yakni enam poin atas Tottenham Hotspur yang menjadi pesaing terdekat di peringkat kedua klasemen sementara.

Sementara itu, Arsenal tentu ingin kembali ke jalur kemenangan usai ditahan imbang tuan rumah Brighton & Hove Albion 1-1 pada Boxing Day tengah pekan ini.

Arsenal juga jelas tak ingin terus tercecer dalam persaingan posisi top four. Saat ini The Gunners masih tertahan di peringkat kelima, terpaut dua poin dari Chelsea yang bercokol di urutan keempat. Meski demikian, misi Arsenal untuk memetik hasil positif di Anfield tentu akan sangat sulit.

Arsenal dan Liverpool sendiri bermain imbang 1-1 pada pertemuan pertama kedua tim di Liga Inggris musim ini, yakni di pekan ke-11 saat Meriam London jadi tuan rumah di Emirates Stadium.

Liverpool unggul lebih dulu melalui gol James Milner, namun Arsenal mampu mengamankan raihan satu poin setelah Alexandre Lacazette masuk score sheet pada menit 82 laga.

Sementara pada pertemuan kedua tim di Anfield pada pentas Liga Inggris musim lalu, Liverpool tampil superior dengan menghancurkan Arsenal 4-0 lewat gol-gol Roberto Firmino, Sadio Mane, Mohamed Salah dan Daniel Sturridge.

Liverpool jelas punya optimisme tinggi dalam menatap laga kontra Arsenal nanti, Bagaimana tidak, Liverpool tak terkalahkan dalam tujuh laga terakhirnya melawan Arsenal di pentas Liga Inggris. The Reds juga tak terkalahkan dalam lima laga kandang terakhir merka melawan Arsenal di liga domestik.

Tak cukup sampai di situ, Liverpool juga selalu mencetak minimal tiga gol dalam tiga laga kandang terakhir mereka melawan Arsenal di Premier League.

Belum lagi, megabintang Liverpool, Mohamed Salah tercatat telah mencetak tiga gol dalam empat penampilan melawan Arsenal di Liga Inggris.

Liverpool sendiri memang sangat superior di Liga Inggris musim ini. Kukuh di puncak klasemen dengan keunggulan enam poin dari pesaing terdekat, The Anfield Gank merupakan satu-satunya tim yang belum terkalahkan sejauh ini (Menang 16, Seri 3, Kalah 0).

Dari 19 pertandingan, Liverpool besutan Jurgen Klopp telah mencetak 43 gol dan baru kebobolan tujuh gol saja! Bandingan dengan Arsenal asuhan Unai Emery yang telah mencetak 41 gol, namun sudah kebobolan 25.

Seakan belum cukup, Liverpool selalu menang dalam delapan laga terakhirnya di Liga Inggris 2018/2019. The Reds juga tak terkalahkan dalam 30 laga kandang terakhir mereka di Liga Inggris, serta meraih clean sheet dalam 12 dari 14 laga kandang terakhirnya di liga.

Di sisi lain, Arsenal belakangan punya rekor buruk setiap sowan ke Anfield. The Gunners tanpa kemenangan dari lima lawatan terakhir mereka ke Merseyside di ajang Liga Inggris (Seri 2, Kalah 3), bahkan kebobolan dua gol atau lebih di setiap laganya (total 17 gol).

Arsenal juga tanpa kemenangan dalam tiga laga tandang terakhir mereka di Liga Inggris 2018/2019; seri 2-2 vs Manchester United, kalah 2-3 vs Southampton, serta imbang 1-1 vs Brighton.

Catatan penting lainnya, Lucas Torreira dan kawan-kawan juga selalu kebobolan minimal satu gol dalam laga-laga tandang yang sudah mereka mainkan di Liga Inggris musim ini.

Meski demikian, secara keseluruhan rekor tandang Arsenal di liga musim ini sejatinya tak jelek-jelek amat. Armada Emery selalu mencetak minimal dua gol dalam delapan laga tandang pertama mereka, sebelum hanya mencetak satu gol saat bermain imbang dengan Brighton pada Boxing Day lalu.

Menghadapi sang pemuncak klasemen pada akhir pekan ini, Arsenal tentu akan sangat bergantung pada sang penyerang andalan, Pierre-Emerick Aubameyang. Striker berkebangsaan Gabon itu telah mencetak tiga gol dalam dua penampilan terakhirnya untuk Arsenal di liga.(red/suara.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *