Rektor Ungkap Capaian Yang Dilakukan USU di Tahun 2018

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Rektor Univeristas Sumatera Utara (USU) Profesor Runtung Sitepu memaparkan Berbagai Capaian telah dilakukan oleh USU sepanjang Tahun 2018

Dijelaskannya, Saat Ini USU berada di posisi 15 versi pemeringkatan yang dilakukan oleh Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

” Tahun sebelumnya, Kita berada di peringkat 19, dan Saat ini USU sudah terakreditasi A,” kata Runtung, Minggu (23/12).

Tak hanya Itu, peningkatan Program Studi (Prodi) yang terakreditasi A di Kampus Hijau itu juga mengalami lonjakan yang sangat signifikan.

“Dari 22 prodi di tahun 2016 menjadi 63 prodi pada tahun 2018 yang mendapatkan akreditasi A. Sementara yang berakreditasi B sudah mencapai 84 prodi. Maka jumlah keseluruhan prodi di USU yang telah berakreditasi A dan B mencapai 94,16 % dari jumlah total 154 Prodi,” Jelasnya

Sementara Dari sisi jumlah publikasi ilmiah, pada tahun 2018 ada 1.326 artikel yang telah diterbitkan, dan Capaian ini menempatkan USU pada urutan ke-3 publikasi terbanyak 2018 di Indonesia . Setelah Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Bandung.

Namun Runtung mengakui, Untuk peringkat dunia, USU memang masih sangat jauh. Dari capaian publikasi internasional oelh Schimago, USU tercatat berada di peringkat 674. Namun USU adalah salah satu dari tiga kampus di Indonesia yang masuk dalam pemeringkatan Schimago.

“Setelah saya telusuri. Hanya tiga universitas yang masuk dalam penilaian Schimago. Universitas Diponegoro dan Universitas Indonesia. Untuk seluruh Indonesia,” ungkapnya.

Dari pemeringkatan UI Grand Matrix, USU peringkat ke 11 di Indonesia. Kemudian ditempatkan 234 di Dunia.

“Ini untuk penilaian, Grand Matrix mengutus ke Depok UI, kita masih mengikuti penilaian Grand Matrix ini tahun depan,” paparnya.

Runtung juga menjelaskan, Saat ini jumlah total Guru Besar yang dimiliki USU saat ini sebanyak 169 orang. “Tahun 2018 ada penurunan, yang baru dikukuhkan 4 orang. Di tahun sebelumnya ada 10 orang.Padahal usulan di kementrian sudah cukup banyak,” tukasnya.

Runtung juga berharap, di tahun 2019 USU bisa mengejar target masuk dalam 12 besar peringkat di Indonesia. Karena memang dari sisi capaian di 2018, sudah cukup banyak.

“Belum sepuluh besar. Tapi kalau sudah tercapai, kami sangat senang,” Pungkasnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *