Dadang Darmawan : Golput Bukan Jawaban Bagi Politik Bangsa

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Tingginya angka golput, terutama generasi milenial dalam momentum pemilu memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap perpolitikan di Indonesia

Dadang Darmawan mengatakan, golput sebenarnya adalah sebuah fakta sosial dalam melawan kekuasaan atau ekspresi protes terhadap pemerintah. Apalagi sejak 73 tahun demokrasi berlangsung di Indonesia , gerakan tersebut tak membuat perubahan apapun terhadap bangsa dan negara.

Hal ini diungkapkan Calon Anggota DPD RI Asal Sumut itu, ketika menjadi narasumber dalam diskusi publik bertema Milenial Anti Golput yang digelar oleh komunitas Milenial Bersatu di Gaminong Coffe Jalan Setia Budi, Medan, Sabtu (22/12/2018) Malam

Dikatakannya, politik merupakan jalan untuk mencapai kekuasaan . Peran dari kekuasan bertujuan sebagai pengaturan kehidupan dan kemartabatan bangsa. Sehingga bila akhirnya mereka yang terpilih duduk sebagai penguasa bukan orang yang tepat, maka dikhawatirkan berakibat pada penindasan.

”Pemimpin seharusnya adalah seorang yang paling bijaksana sehingga dapat menciptakan bangsa yang bermartabat, jika tidak maka yang terjadi adalah Penindasan,” ungkap mantan Ketua Badko HMI Sumut itu.

Menurut dosen FISIP UMA itu, pemuda jangan terlalu apatis terhadap politik ataupun pemilu. Sebab suara pemuda, memiliki andil besar agar kekuasaan benar-benar jatuh kepada sosok yang ingin memajukan bangsa.

”Tak ada jalan lain agar bangsa ini bermartabat, kecuali generasi milenial harus melek politik, ikut berpolitik dan ikut menentukan masa depan di negara kita hari ini dan kedepan,”jelasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Milenial bersatu, Lowren Efendy Purba mengatakan diskusi publik yang mereka gelar bertujuan untuk mengajak kaum milenial yang sebelumnya memiliki kesan negatif terhadap politik, menjadi lebih paham akan pentingnya turut berpartisipasi dalam politik.

”Pemuda harus bisa mengambil peran dalam perpolitikan bangsa,” jelasnya.

Dalam diskusi yang dipandu oleh moderator adalah Irfan Prayoga, dengan menghadirkan narasumber Calon Anggota DPD RI asal Sumut, Dadang Darmawan dan mantan Komisioner KPU Sumut, Nazir Salim Manik. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *