Pemilu 2019, KPU Medan Minta Penambahan Anggaran

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Alokasi anggaran senilai lebih dari Rp61 miliar untuk penyelenggaran Pemilu 2019 di Kota Medan dinilai belum cukup memadai karena terjadi peningkatan jumlah TPS.

Menurut Nana Miranti, Komisioner KPU Medan, dalam pelaksanaan Pemilu 2019, pihaknya mendapat alokasi anggaran APBN sebesar Rp61,2 miliar. Anggaran tersebut sebagian besar untuk membiayai Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) senilai Rp45,8 miliar atau sekitar 74,8% dari total anggaran.

“Termasuk di dalamnya biaya pembuatan TPS, pembelian ATK dan konsumsi serta honor untuk anggota KPPS dan Linmas,” kata dia, Kamis (20/12).

Karena itu, dia menilai anggaran di atas belum memadai karena alokasi tersebut belum menghitung seluruh jumlah TPS, atau hanya sebanyak 6.349 TPS. Padahal, jika mengacu kepada penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Pemutakhiran II ( DPTHP2), jumlah TPS di Kota Medan mengalami peningkatan menjadi sebanyak 6.392 TPS.

“Jadi DIPA yang kami terima saat ini juga harus direvisi kembali setelah dilakukan pencermatan kembali. Karena ada beberapa yg belum sesuai, seperti anggaran KPPS yang ditampung baru 6.349 TPS,” urai Nana.

Terpisah, Batara Manurung, Komisioner KPU Sumut berharap agar para anggota KPU kabupaten/kota dapat bekerjasama dengan sekretaris dan kasubag di masing-masing divisi. Hal itu terutama untuk mencermati dan menyusun program 2019 secara detil sehingga daya serap anggaran dan pelaksaanaan program dapat direalisasikan sesuai jadwal.

“Programnya harus disusun detil per tanggal hingga April mendatang karena pelaksanaan pemilu sudah semakin dekat, jadi tahapan juga semakin padat,” tuturnya.

Adapun pembentukan KPPS tertuang dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 5/2018 tentang perubahan atas PKPU Nomor 7/2017 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelengaraan Pemilu Tahun 2019.

Yang mana dalam PKPU tersebut diatur bahwa pembentukan KPPS dilakukan pada 28 Februari-27 Maret 2019, dengan masa kerja 10 April-9 Mei 2019. (cep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *