KPU Medan : Anggaran Pemilu 2019 Untuk Kota Medan Rp 61,2 Miliar

Komisioner KPU Medan Divisi Program, Data dan informasi Nana Miranti

MEDANHEADLINES.COM, Medan – KPU Kota Medan mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp61,2 miliar untuk melaksanakan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 mendatang

Hal ini diungkapkan Komisioner KPU Medan Divisi Program, Data dan informasi Nana Miranti usai menggelar rapat Kordinasi Rencana Kerja dan Anggaran KPU Tahun Anggaran 2019 di Hotel Four Points, Jalan Gatot SubrotoMedan, Kamis (20/12/2018).

Dijelaskannya, anggaran yang berasal dari APBN itu nantinya akan dialokasikan untuk kebutuhan pengadaan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sebesar Rp 45,8 miliar atau sekitar 74,8% dari total anggaran yang dialokasikan untuk anggaran pemilu di KPU Kota Medan.

“Anggaran terbesar itu di alokasikan untuk pengadaan KPPS”, ujar Nana Miranti

Ditambahkannya, Anggaran KPPS ini termasuk di dalamnya pembuatan TPS, ATK dan konsumsi serta honor untuk anggota KPPS dan Linmas.

Sesuai dengan PKPU No 5 Tahun 2018 perubahan atas PKPU No 7 Rahun 2017 Tentang Tahapan, program dan Jadwal penyelengara Pemilu tahun 2019, pembentukann KPPS dilakukan pada 28 Februari-27 Maret 2019. Dimana masa kerja KPPS ini 10 April-9 Mei 2019.

Jumlah TPS yg di tampung juga belum seluruhnnya, karena baru 6.349 TPS. Padahal jika berpatokan dari penetapan DPTHP2 yang terakhir, jumlah TPS di Kota Medan sebanyak 6.392.

“Jadi DIPA yg kita terima saat ini juga harus di revisi kembali setelah dilakukan pencermatan kembali. Karena ada beberapa yg belum sesuai, seperti anggaran KPPS yang di tampung baru 6.349 TPS”, paparnya.

Sementara itu, Batara Manurung, Anggota KPU Provinsi Sumut mengharapkan agar komisioner di masing-masing kabupaten/kota dapat bekerjasama dengan sekretaris dan kasubag di masing-masing divisi untuk dapat mencermati dan menyusun program 2019 ini secara detail pertanggal. Sehingga daya serap anggaran dan pelaksaanaan program dapat maksimal sesuai dengan jadwal.

“Programnya harus disusun detail pertanggal hingga April mendatang, kerana pelaksanaan pemilu udah semakin dekat, jadi tahapan jg semakin padat”, ucapnya.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *