KPU Medan Sosialisasikan Batas Akkhir LPSDK

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan menggelar sosialisasi audit dan aplikasi dana kampanye Pemilu 2019, di Hotel Santika Dyandra, Medan, Senin (17/12/2018).

Dalam Sosialisasi itu, KPU Menjelaskan bahwa Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) diserahkan paling lama Rabu, 2 Januari 2019 pukul 18.00 WIB.

” Sosialisasi dilakukan untuk mengingatkan adanya kewajiban partai politik dan tim kampanye pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pemilu di tingkat Kota Medan untuk menyerahkan LPSDK.,” ungkap Ketua KPU Kota Medan, Agussyah Ramadani Damanik

Dijelaskannya, Ada beberapa aturan dan batasan serta ketentuan teknis yang harus dipelajari dan dipatuhi dalam mekanisme pelaporan yang ditenggat terakhir 2 Januari 2019.

“Terakhir diserahkan 2 Januari pukul 18.00 WIB di Kantor KPU Medan,” ujar Agus.

Menambahi Agus, Koordinator Divisi Hukum KPU Kota Medan Zefrizal mengatakan dana kampanye yang dilaporkan tidak hanya berbentuk uang. Barang dan jasa termasuk yang wajib untuk dilaporkan.

” Spanduk, baliho dan sebagainya yang selama ini dicetak dan dikeluarkan oleh peserta pemilu, wajib dilaporkan dan dikonversikan dalam bentuk angka atau bernilai rupiah. Begitu juga dengan biaya jasa seperti sewa kenderaan atau memakai jasa artis/penyanyi untuk hiburan dalam kampanye wajib tercatat dalam laporan dana kampanye,” Jelasnya.

Zefrizal juga mengingatkan adanya batasan sumbangan dana kampanye yang wajib dipatuhi yakni setiap perorangan maksimal menyumbangkan Rp2,5 miliar sedangkan untuk lembaga/kelompok/badan usaha maksimal hanya bisa menyumbangkan Rp25 miliar. Batasan sumbangan tersebut terakumulasi dari sumbangan tahap pertama hingga tahap akhir untuk satu identitas penyumbang.

“Karena itu identitasnya harus jelas tercatat. Tidak anonim,karena jika nama dan alamatnya tidak tercatat, maka sumbangannya dianggap sebagai dana kampanye tidak jelas dan dapat dilaporkan ke KPU untuk diserahkan ke kas negara.,” Ungkapnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *