Kebutuhan Bahan Pokok Di Sumut Jelang Natal Dan Tahun Baru Dipastikan Aman

 

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Perdagangan, Karyanto Suprih mengungkapkan kebutuhan bahan pokok di Sumatera Utara (Sumut) dipastikan aman untuk memenuhi kebutuhan menjelang Natal dan Tahun Baru.

Hal ini diungkapkanya pada Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Identifikasi Kebutuhan Pokok Menghadapi Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 di Aula Kantor Bank Indonesia, Rabu (5/12/2018).

Berdasarkan pemantauan yang dilakukan, diketahui harga beras medium Rp10.500-Rp12.500 per kg, gula pasir Rp10 ribu/kg, minyak goreng curah Rp10 ribu/kg, daging ayam Rp22ribu/kg, daging sapi Rp110 ribu/kg, telur ayam ras Rp22.400/kg, cabai merah Rp40 ribu/kg, cabai rawit hijau Rp26 ribu/kg, bawang merah Rp15-16 ribu/kg, bawang putih Rp25-30 ribu/kg dan tepung terigu Rp7.000-10.000/kg.

“Pemantauan ini dilakukan untuk menjamin masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan khidmat dan tenang,” ungkapnya.

Selain di Pusat Pasar, pantauan ke pasar modern serta gudang Bulog juga dilakukan. Karenanya, dua berharap Pemda terus memantau perkembangan kelancaran distribusi dan jumlah pasokan kebutuhan masyarakat ini.

Sehingga dapat menjaga keamanan dan kelancaran distribusi pasokan yang didukung dengan kesiapan moda angkutan barang terpadu.

Sementara itu, Gubernur Sumut, Edi Rahmayadi, mengatakan, ke depan pihaknya akan terus berupaya agar harga bapok tetap stabil. Sehingga pedagang dan konsumen sama-sama diuntungkan.

“Kestabilan harga ini harus kita jaga terus. Apalagi inflasi di Sumut saat ini terjaga dengan baik. Kita perkirakan hingga akhir tahun inflasi kita tetap terkendali dan berada di bawah nasional,” katanya.

Sementara, Kepala Bulog Divre Sumut, Benhur Ngkaimi merincikan, stok bahan pokok tersebar di delapan wilayah. Diantaranya, Sub Divre Medan, Kanlog Kabanjahe, Sub Divre Pematangsiantar, Sub Divre Kisaran, Kanlog Rantau Prapat, Sub Divre Padangsidempuan, Kanlog Gunungsitoli dan Kanlog Sibolga. Untuk keseluruhan jumlah stok beras yakni 87.872 ton, gula pasir 1.638 ton, daging 47,7 ton dan tepung 9,95 ton. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *