Kebakaran Toko Cat Di Jalan Kapten Jumhana, 3 Ruko Ludes Terbakar

Toko Cat yang Terbakar di Jalan Kapten Jumhana Medan

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Tiga unit rumah toko (ruko) yang berada di Jalan Kapten Jumhana, Kelurahan Sukarame II, Kecamatan Medan Area, terbakar, Kamis (4/10) siang. Beruntung insiden itu tidak menelan korban jiwa, namun kerugian material ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Informasi yang dihimpun di lokasi, ruko yang terkena dampak kebakaran yakni,  toko Cat Naga Mas, milik Ong Cin Sin,  toko perabot milik Darwin dan ruko yang dijadikan usaha pijat tradisional Diva, disewa Puji alias Muji. Akibat kebakaran itu, ruko yang mengalami kerusakan paling parah adalah ruko toko cat Naga Mas, seluruh isi dan bangunan hangus terbakar.

Menurut keterangan kepala lingkungan V, Kelurahan Sukarame II, Kecamatan Medan Area, Niki Irawan (37), kobaran api pertama kali dilihat oleh pegawai toko cat Naga Mas, sekira pukul 14.15 Wib. Asal api diduga berasal dari tempat sembahyang (pekong) yang ada di lantai 1 di dalam bagian belakang toko cat tersebut.

“Menurut keterangan pegawai toko cat Naga Mas, yang saya jumpai tadi, dia melihat api dari tempat sembahyang (pekong), yang ada di lantai 1, tapi itu masih dugaan, ya,”ujar Niki Irawan (37) kepada wartawan di lokasi kebakaran.

Pada saat kebakaran itu, sambungnya, toko cat dalam keadaan beroperasi. Cepatnya api menjalar ke seluruh ruangan membuat para karyawan berhamburan dan tak sempat menyelamatkan barang-barang.

“Untuk yang paling parah toko cat Naga Mas, itu. Karena di toko itu banyak bahan-bahan yang mudah terbakar. Untuk yang samping juga kena dampak tapi tidak begitu parah. Tapi dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa,”katanya.

Warga yang melihat kobaran api makin membesar langsung menghubungi pihak pemadam kebakaran dan diteruskan kepihak Polsek Medan Area. Tak lama berselang petugas pemadam kebakaran dan personel polsek Medan Area, tiba di lokasi kebakaran. Kurang lebih satu jam berjibaku dengan api, kobaran api berhasil dipadamkan.

” Sebanyak 15 unit mobil pemadam dikerahkan untuk memadamkan api. Sampai saat ini untuk korban jiwa tidak ada. Untuk yang terdampak ada di kiri dan kanan toko cat, tapi yang paling parah toko cat itu,” kata Putra Ramadhan Kepala Bidang (Kabid) Operasi Pemadam Kebakaran Kota Medan, di lokasi kejadian.

Petugas sempat mengalami kesulitan untuk memadamkan api, hal itu disebabkan di dalam toko itu banyak terdapat minyak, tiner dan bahan lainnya yang mudah terbakar. Namun situasi sudah dapat ditangani.

” Api sudah berhasil kita padamkan dan saat ini lagi masa pendinginan. Kalau sumber api belum kita ketahui, kita masih menunggu dari pihak yang berwenang,”terang Putra Ramadhan.

Kapolsek Medan Area Kompol K. Sianturi S. Sos., yang juga turun di lokasi kejadian mengatakan, api sudah dipadamkan dan situasi telah aman terkendali. Pihaknya telah berkordinasi dengan Tim Labfor untuk menyelidiki penyebab kebakaran.

” Korban jiwa tidak ada, namun kerugian material ditaksir mencapai ratusan juta. Untuk asal api kita masih menunggu hasil dari Tim Labfor. Para pemilik ruko yang terkena dampak kebakaran masih dilakukan pemeriksaan di markas komando (Mako),”jelas Kompol K. Sianturi. (afd).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *