Sumut  

Desa Sibintang Raih Juara Harapan lll Lomba Desa/Kelurahan Terbaik Tingkat Prov Sumut Tahun 2018, Ini Kata Ahmad Tarihoran

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Masyarakat Desa Sibintang, Kecamatan Sosorgadong, Kabupaten Tapteng patut berbangga hati atas keberhasilan pemdes Sibintang dalam meraih juara Harapan Ill pada Perlombaan Desa terbaik Tingkat Provinsi Sumut Tahun 2018.

Penyerahan piala dan sertifitat berikut dengan uang pembinaan diserahkan langsung oleh Pj Gubernur Sumut, Drs. Eko Wibowo yang dilaksanakan di Lapangan Merdeka Medan, Jumat (17/8/2018).

Sebagaimana diketahui, kepercayaan yang diberikan Kabupaten Tapteng kepada Desa Sibintang untuk tampil dalam lomba desa terpadu tingkat Provinsi Sumut pada bulan Mei lalu didasari atas penilaian yang dilakukan sebelumnya oleh tim kabupaten.

Di mana dalam lomba desa/kelurahan terbaik tingkat kabupaten tersebut, Desa Sibintang berhasil meraih juara yang akhirnya diusulkan untuk mewakili kabupaten Tapteng ke tingkat Provinsi Sumut.

Sebelumnya, Kepala Dinas PMD Tapteng, Sunardi mengatakan tujuan lomba ini untuk menilai dan mengevaluasi kinerja pemerintahan desa/ kelurahan dan tingkat perkembangan masyarakat sekitarnya, perkembangan pembangunan atas usaha pemerintah, masyarakat daerah beserta masyarakat desa dan kelurahan bersangkutan.

Lebih lanjut dikatakan, sasaran penilaian mencakup 8 indikator yaitu pendidikan, kesehatan masyarakat, ekonomi masyarakat, keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat, pemerintahan, lembaga pemasyarakatan, pemberdayaan dan kesejahteraan. Selain itu dinilai juga inisiatif dan kreatifitas daerah dalam pemberdayaan masyarakat daerah.

Sementara itu, kepala desa Sibintang, Ahmad Tarihoran sangat bangga dan senang atas perolehan prestasi yang diperoleh desa Sibintang dibawah epemimpinannya selama menjabat sebagai kepala desa sibintang.

“Terima kasih kepada pemerintah Tapteng di bawah kepemimpinan Bakhtiar Ahmad Sibarani yang telah memberikan dukungan dan motivasi kepada pemerintah Desa Sibintang. Begitu juga ucapan terima kasih kami kepada Dinas PMD Tapteng yang memberikan arahan dan bimbingan kepada kami selama proses perlombaan desa terbaik tingkat provinsi sumut berlangsung,” katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, prestasi yang diterima ini juga tidak terlepas dari dukungan masyarakat selama dikepemimpinannya dalam menjalin kerjasama untuk mensukseskan program kerja pemerintah desa Sibintang.

“Ini adalah momen yang berharga buat saya dan masyarakat desa sibintang. Tepat di hari kemerdekaan ini, kami mengukir prestasi tepat di hari kemerdekaan RI yang ke 73 tahun yang membawa harum nama Kabupaten Tapteng,”kata Ahmad.

Diketahui, melalui penetapan keputusan pemenang tersebut yang tertuang dalam Surat Keputusan Gubernur Sumut tentang penetapan juara perlombaan desa dan kelurahan terbaik tingkat Provinsi Sumut tahun 2018, menetapkan juara l diraih oleh Desa Beringin, Kabupaten Deli Serdang, juara ll diraih Desa Subur, Kabupaten Asahan, dan untuk juara lll diraih Desa Dogang, Kabupaten Langkat.

Sementara, untuk juara harapan l diraih Desa Padang Meninjau, Kabupaten Labuhan Batu Utara, juara harapan ll diraih oleh Desa Batang Pane l, Kabupaten Palas Utara, dan untuk juara harapan lll diraih oleh Desa Sibintang, Kabupaten Tapanuli Tengah. (hen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.