Hutan Balige Terbakar, KPH IV : Sudah Mencapai 50 Hektar

Hutan Pinus di Balige Terbakar

MEDANHEADLINES.COM – Kebakaran Hutan Pinus di Longat Tampahan Kecamatan Balige kabupaten Toba Samosir yang terjadi pada Rabu, (25/7/2018) Malam Hingga kini belum juga bisa dipadamkan.

Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) IV Wilayah Balige Leonardo Sitorus mengatakan,Api Yang terus menjalar membuat tim pemadam kewalahan.

Diungkapkannya, Untuk melakukan Pemadaman, Petugas telah menurunkan Sejumlah mobil pemadam kebakaran dan mobil tangki air dari PT Toba Pulp Lestari (TPL), pompa racun api Serta 100 orang petugas

“Untuk penyebab sedang diselidiki pihak kepolisian. Kita masih menunggu,” kata Leonardo , Kamis (26/7/2018)
Dari hitungan mereka luas lahan yang terbakar mencapai 40-50 hektar. Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan seluruh stakeholder untuk mengatasi kebakaran.

“Kita dibantu juga dengan masyarakat sekitar untuk melakukan pemadaman,” katanya.
Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan kementrian untuk menurunkan waterboom. Alat dari kementrian itu akan diberangkatkan hari ini.

“Tapi kemungkinan besar, prediksi waterboomnya besok. Karena masih berada di Riau,” tandasnya.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah 1 Medan mencatat, puncak kebakaran hutan dan lahan di Sumatera Utara (Sumut) akan terjadi di Bulan Juli 2018. Di Sumut sendiri, terdeteksi ada 57 titik panas (Hot Spot).

Titik panas itu, tidak hanya ada di Sumut. Tetapi juga terdapat di provinsi lain. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.