Seluruh Kapal di Danau Toba Akan Di Audit, Menhub : Dilarang Berlayar Sementara

MEDANHEADLINES.COM – Seluruh kapal yang beroperasi di Danau Toba akan di Audit oleh kementerian perhubungan untuk memastikan keselamatan pelayaran agar kasus kapal tenggelam tidak terulang kembali

“Pemerintah akan melakukan audit keselamatan terhadap semua kapal yang beroperasi di Danau Toba pada khususnya dan di seluruh Indonesia pada umumnya,” kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi

Dikatakannya, Hal ini dilakukan setelah melakukan pertemuan dengan seluruh operator kapal motor di Danau Toba.  “Dalam pertemuan itu semua sepakat untuk meningkatkan kualitas pelayaran di Danau Toba demi meningkatkan aspek keselamatan Selain itu, Kemenhub memberikan 5.000 life jacket untuk seluruh operator kapal yang beroperasi di Danau Toba.,” Ungkapnya

Ia juga menjelaskan, Saat ini seluruh kapal belum diperbolehkan berlayar sampai dengan aspek keselamatan kapal terpenuhi,  ” kecuali 2 kapal Ro-Ro Sumut 1 dan Sumut 2 untuk kegunaan pertolongan,” ujarnya.

Tak hanya itu, Pihaknya juga akan merenovasi 5 dermaga di Danau Toba yaitu Ambarita, Ajibata, Simalino, Tigaras, dan Muara dimulai tahun 2018-2019 dengan anggaran masing-masing Rp 75 miliar.

“Sedang dijajaki pengelolaan oleh 5 dermaga untuk selanjutnya diserahkan kepada pihak ASDP. Sedang diadakan 4 kapal Ro-Ro dari Kemenhub dan ASDP dan juga ada CSR dari masyarakat Sumut untuk membuat satu perusahaan dengan menyumbang 2 kapal,” ucapnya.

Budi menambahkan, pemerintah berkomitmen sekuat tenaga mencari korban KM Sinar Bangun. Investigasi juga akan dilakukan untuk mencari tahu siapa-siapa pihak yang lalai dalam kasus tenggelamnya kapal ini.

“Kami sampaikan pemerintah berkomitmen sekuat tenaga mencari korban-korban yang hilang, kedua berniat untuk melakukan satu perbaikan dan reformasi berkaitan dengan peraturan yang berlaku dan ketiga melakukan investtigasi terhadap pihak-pihak apabila ada suatu pelanggaran terhadap peraturan-peraturan yang ada,” Pungkasnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *