Tiga Rekomendasi RI ke Sekjen PBB di Finlandia

Menlu Retno Marsudi

MEDANHEADLINES.COM – Pemerintah Indonesia melalui Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan 3 rekomendasinya kepada Sekjen PBB Antonio Guterres di Helsinki, Finlandia

Keberadaan Menlu di Finlandia dalam rangka menjadi co-shot pertemuan Sekjen PBB dengan anggota High Level Advisory Board on Mediation (HLAB-M). Menlu menjadi co-host bersama Menlu Finlandia, Timo Soini, pada Senin (18/6/2018).

“Dalam pernyataan pembukaan, Menlu Retno menyampaikan tiga masukan bagi Sekjen dan HLAB-M terkait mediasi, upaya mencegah konflik dan menciptakan perdamaian,” kata Jubir Kemlu RI Armanatha Nasir dalam keterangan tertulisnya , Selasa (19/6/2018).

Hal pertama yang disampaikan adalah tentang pentingnya meningkatkan komunikasi dengan pemimpin masyarakat atau pemimpin agama untuk menjaga ‘value of tolerance’.

“Dalam kaitan ini, Menlu Retno menyampaikan bahwa baru-baru ini Indonesia menjadi tuan rumah Pertemuan Trilateral Ulama Indonesia-Afghanistan-Pakistan, di Bogor bulan Mei 2018. Pertemuan Ulama ini menghasilkan komitmen yang positif yang diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi perdamaian di Afghanistan,” tutur Armanatha.

Hal kedua terkait pentingnya mengubah budaya reaksi menjadi budaya pencegahan. Menlu juga ingin pencegahan konflik ini menjadi salah satu prioritas PBB.

“Ketiga, pentingnya menyebarluaskan ‘habit of dialogue’, penghormatan terhadap hukum internasional, kerjasama dengan Organisasi Regional untuk mencegah konflik. Hal tersebut sejalan dengan prioritas Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB, yang masa kerjanya akan dimulai 1 Januari 2019 dan berakhir pada 31 Desember 2020,” Pungkas Armanatha.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.