Tinjau Lokasi Kapal Tenggelam, Parlindungan Purba : Kelayakan & Pengawasan Harus Ditinjau Kembali

MEDANHEADLINES.COM – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI perwakilan Sumatera Utara, Parlindungan Purba juga turut angkat bicara terkait tenggelamnya kapal Peneyeberangan di Perairan Danau Toba

ParlindunganĀ  yang meninjau langsung kondisi terkini di lokasi Kapal itu tenggelam juga mengucapkan rasa duka cita yang mendalam, atas peristiwa tersebut

“Saya pikir melihat keseriusan dari semua pihak, baik Polisi, TNI dan Basarnas. Pagi ini saya melihat langsung kondisi dan mudah-mudahan bisa segera menemukan para korban secepatnya,” kata Parlin di Pelabuhan Tigaras, Selasa (19/6/2018) pagi.

Pria yang biasa disapa dengan Parlin itu juga mengungkapkan Perhatiannya tertuju pada UU Pelayaran nomor 17 tahun 2008 yang terkait dengan pengawasan.

” Kami minta kepada pemerintah coba review kembali, peraturan kelayakan dari pada kapal,” sambungnya.
Dijelaskannya, seharusnya kapal yang sudah 35 GT wajib diasuransikan. Sedangkan info yang terdengar dari pihak kepolisian, manifest tidak ada, Syahbandar hanya dari Tomok ke Ajibata, sementara ke pelabuhan lainnya belum ada. Seharusnya hal ini menjadi perhatian bersama.

“Ayolah kita perbaiki kedepan. Apalagi Danau Toba menjadi tujuan wisata Internasional. Hal-hal seperti ini akan menjadi perhatian dari pada kita bersama,” katanya.

Lebih lanjut,ia juga mengungkapkan bahwa Presiden saja mau konsen mengurusi masalah Danau Toba, seharusnya sebagai masyarakat setelah kejadian ini, mau mulai berfikir ulang untuk membenahi, apalagi kapal di daerah sini ada sekitar 54 unit.

“Ini kan tidak susah untuk membenahi, disamping kapal-kapal yang skala besar. SDM dan pengawasan ini sangat penting dimasa mendatang,” ujarnya.

“Yang jelas, agar tidak terulang kembali kejadian serupa, di DPD akan mengundang pihak kementerian di Senayan supaya meminta pemerintah melakukan langkah cepat. Tapi yang jelas kasus seperti ini harus cepat diselesaikan,” Tegas Parlin. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *