Kapal Tenggelam, NasDem : Angkutan Penyeberangan di Danau Toba Harus Ditinjau Ulang

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Ketua DPP Partai NasDem Martin Manurung angkat suara terkait musibah tenggelamnya kapal penumpang KM Sinar Bangun di perairam Danau Toba, Senin(18/6/2018)

Menurutnya, peristiwa nahas yang telah terjadi di saat masyarakat baru saja merayakan Lebaran Idul Fitri adalah berita duka bagi seluruh masyarakat Sumatera Utara

“Saya pribadi dan Partai NasDem menyampaikan turut berduka cita yang mendalam atas tenggelamnya KM Sinar Bangun di perairan Danau Toba. Semoga seluruh korban segera ditemukan dan keluarga yang ditinggalkan tabah,” kata Martin, Selasa (19/6/2018).

Ia berharap, Pemerintah Daerah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), SAR dan pihak Kepolisian dan semua pihak yang ikut proses evakuasi agar mencari korban-korban yang hilang secara maksimal.

“Semoga proses pencarian berjalan dengan lancar dan seluruh korban secepatnya ditemukan,” imbuhnya.

Ia juga menyoroti soal keselamatan para penumpang. Dimana Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan dan BPBD agar memberikan perhatian atas keselamatan transportasi penyeberangan di Danau Toba.

“Partai NasDem meminta segera peninjauan ulang monitoring, pelaksanaan dan penegakan hukum atas keselamatan seluruh angkutan penyeberangan di Danau Toba. Agar hal serupa tidak lagi terjadi. Diharapkan kapal pengangkut penumpang tidak memaksakan diri, harus sesuai dengan kapasitas. Jangan mementingkan keuntungan tapi melupakan keselamatan para penumpang,” tegasnya.

Lebih lanjut Ia pun berharap, BPBD agar dilengkapi dengan peralatan yang lebih baik. Selain itu, juga dilakukan pelatihan secara berkala, agar ke depan memiliki kemampuan yang lebih baik untuk pencegahan dan penanganan bila terjadi kecelakaan di Danau Toba. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *