Ini Penjelasan Penanganan Seorang Penumpang Penerbangan Wings Air IW1246

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Wings Air (kode penerbangan IW) member of Lion Air Group menyampaikan bahwa penanganan seorang penumpang sebelum penerbangan IW1246 telah dijalankan sesuai prosedur dan aturan yang berlaku.

Danang Mandala Prihantoro, Corporate Communications Strategic mengatakan, Flight IW1246 melayani rute Bandar Udara Internasional Minangkabau, Padang, Sumatera Barat (PDG) tujuan Bandar Udara Binaka, Gunung Sitoli, Sumatera Utara (GNS).

 

Operasional Wings Air IW1246 berjalan normal, pesawat ATR 72-500 (AT75) registrasi PK-WFR lepas landas tepat waktu (on time) dari Minangkabau pukul 13.05 WIB dan telah mendarat di Binaka pada 14.15 WIB (8/ 6).

 

Wings Air memberikan klarifikasi, bahwa untuk memastikan keamanan dan kenyamanan dalam penerbangan, tidak menerbangkan (offload) salah satu penumpang laki-laki berinisal YT (23).

 

“Hal itu dikarenakan, saat masih di ruang tunggu (boarding gate) melakukan tindakan yang mengganggu kenyamanan (berteriak, berkata kasar dan mendorong penumpang lainnya). Tindakan tersebut juga berpotensi mengancam keselamatan,”ujarnya.

 

 

Atas kerjasama yang baik antara petugas layanan darat (ground handling) Wings Air, petugas keamanan bandar udara (aviation security/ avsec)dan TNI Polri, YT segera mendapatkan penanganan secara cepat.

 

 

Wings Air telah menyerahkan YT kepada rumah sakit di kota Padang dan pihak terkait untuk proses lebih lanjut.

 

YT merupakan penumpang yang berangkat dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang (CGK) tujuan Padang (8/ 6) menggunakan Lion Air bernomor JT350, kemudian akan melanjutkan penerbangan (connecting flight)dengan IW1246.

 

Berdasarkan informasi, YT tidak menunjukkan tanda-tanda sikap/ tindakan yang dapat menganggu kenyamanan perjalanan udara rute Cengkareng menuju Padang.

 

Wings Air menginformasikan bahwa bisnis penerbangan merupakan bisnis yang memiliki aturan sangat ketat (strictly regulated business). Oleh karena itu, melakukan tindakan/ perbuatan indisipliner atau unruly/distruptive behaviormerupakan salah satu faktor yang mengganggu kenyamanan serta membahayakan keselamatan dan keamanan penerbangan.

 

Wings Air mengimbau kepada seluruh pelanggan setia dan masyarakat untuk mengetahui, memahami dan menjalankan segala peraturan yang berlaku guna mengutamakan aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan. (raj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.