Kunjungi DPRDSU, KPPU Minta Legeslatif Buat Perda Ekonomi

MEDANHEADLINES.COM, Medan –  Wakil Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) RI Kamser Lumbanraja Meminta kepada DPRD Sumatera Utara (Sumut) dapat membuat peraturan daerah (perda) di bidang ekonomi yang berpihak pada persaingan usaha yang sehat.

Menurutnya, terjadinya persaingan usaha yang tidak sehat tidak luput dari kebijakan pemerintah dan regulasi yang dibuat oleh lembaga legislatif.

“Kita perlu bertemu pihak legislatif, karena perkara-perkara di KPPU tidak luput dari regulasi atau kebijakan. Jadi kita minta, tolong agar regulasi di bidang ekonomi pro kepada persaingan usaha yang sehat,” kata Kamser yang didampingi oleh Kepala Kantor Perwakilan KPPU Medan Ramli Simanjuntak saat beraudiensi dengan Ketua DPRDSU Wagirin Arman

Pada pertemuan itu, KPPU menawarkan pihaknya memiliki daftar periksa yang dapat mengecek apakah sebuah regulasi sudah mendukung niat yang baik untuk pengembangan ekonominya sekaligus juga menyelamatkan persaingan usaha menjadi sehat.

Oleh karena itu, lanjut Kamser, KPPU ingin ada keberimbangan agar pihaknya tidak saja melakukan penegakan hukum tetapi juga memberikan advokasi sebagai langkah pencegahan.

Menanggapi hal ini, Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman mengatakan, untuk memperbaiki persaingan usaha di Sumut, tidak hanya dengan mengkaji kebijakan atau regulasi tetapi juga sistem yang sudah berlangsung sejak lama.

“ Ini bukan hanya masalah kebijakan atau Regulasi saja namun juga dikarenakan sistem yang sudah berlangsung  lama,” Jelasnya

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.