Aek Godang Paluta dilanda Gempa tektonik 4,1 SR

MEDANHEADLINES – Kawasan Padang Lawas Utara tepatnya di Aek Godang mengalami Gempa tektonik dengan kekuatan 4,1 skala Richter, Sabtu, pukul 08.41 WIB.

Kabid Data dan Imformasi BBMKG Wilayah 1 Medan, Syahnan di Medan, mengatakan, dari posisi episenter, gempa itu berada pada koordinat 1,53 derajat lintang utara dan 99,54 derajat bujur timur.

Sedangkan secara geografis posisinya berada di kawasan Aek Godang atau pada jarak 11 km arah barat daya dari Padang Lawas Utara dengan kedalaman 20 km.

Berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan dan laporan yang diterima dari masyarakat, gempa bumi itu dirasakan di kawasan Aekgodang dan sekitarnya dengan intensitas gempabumi II SIG-BMKG (III-IV MMI).

Dari hasil observasi BBMKG Wilayah I Medan, gempa tersebut berada pada Zona Sesar Lokal di sekitar Segmen Angkola dengan karakteristik sinyal berupa gempa tektonik.

Pihaknya mengimbau masyarakat di sekitar wilayah Aek Godang dan sekitarnya untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak bertangjungjawab.

Masyarakat juga dihimbau untuk mengikuti arahan pemerintah daerah dan BPBD dan mengikuti perkembangan informasi gempa susulan dari BMKG.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *