Virus Malware serang 21,1 Juta Pengguna Android

MEDANHEADLINES – Sebanyak 21,1 juta pengguna Android diduga terserang Wabah Malware yang masuk ke Google Play Store bernama Expensive Wall  yang ditemukan di aplikasi wallpaper

Malware ini telah menginfeksi sedikitnya 50 aplikasi di Google Play yang diunduh antara 1 juta hingga 4,2 juta kali oleh pengguna. Malware Expensive Wall ‘dikemas’ dalam aplikasi wallpaper yang memungkinkannya lolos dari perlindungan anti-malware milik Google Play.

Informasi dari Phone Arena, Selasa (19/9/2017) menyebut, metode packed sering digunakan oleh pengembang malware untuk mengenkripsi kode berbahaya. Meskipun Google menghapus aplikasi yang terinfeksi, malware tetap berisiko menyerang.

Sebab itu, pengguna diimbau agar menghapus aplikasi secara manual dari perangkat Android.

Expensive Wall akan meminta beberapa izin umum kepada pengguna, seperti akses SMS dan internet. Jika diberikan, malware akan mulai mengirim pesan SMS premium dan mendaftarkan pengguna untuk layanan berbayar lainnya tanpa sepengetahuan pengguna.

Sejauh ini, banyak pengguna Android yang memberikan izin tanpa berpikir lebih jauh. Hal ini pula yang membuat malware cepat tersebar ke beberapa pengguna lainnya.

Expensive Wall adalah malware yang sangat rumit dan hampir tidak terdeteksi oleh keamanan standar milik Google Play Store.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *