Sumut  

Pemprov minta Waspadai Potensi Konflik di Sumut

MEDANHEADLINES –Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara melalui Sekdaprov Hasban Ritonga, mengajak forum-forum strategis di Sumut selalu menjaga kewaspadaan dan kearifan untuk mengantisipasi potensi konflik yang ada di Sumut, terutama menjelang dan pada pelaksanaan Pilkada.

Hal itu dikatakannya pada acara pembukaan pertemuan untuk mengantisipasi dinamika pelaksanaan Pilkada serentak 2017 di Kantor Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Pelindung Masyarakat Provsu (13/2/2017).

“Sumut bukan tanpa masalah, namun kewaspadaan dan kearifan dalam mengelola dan mengantisipasi potensi konflik secara dini tetap sangat dibutuhkan. Semangat persatuan dan kebersamaan dalam keragaman juga harus terus dipupuk,” ujarnya.

Dengan populasi yang lebih dari 15 juta jiwa penduduk, Sumut bukan saja kaya sumber daya alam, tetapi juga merupakan miniatur indonesia yang multicultural, Realitas kebhinekaan di Indonesia dengan berbagai kompleksitasnya, meliputi perbedaan politik, perbedaan kepentingan, perbedaan latar belakang suku, agama, ras dan kesenjangan sosial ekonomi sangat rentan menjadi faktor pemicu terjadinya konflik.

“Oleh karenanya perlu penanganan secara lebih konprehensif dan terintegrasi oleh Aparat Penegak Hukum dan Pemerintah Daerah,” ungkapnya.

Hasban juga mengingatkan, sebagaimana penegasan Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, pada Rapat Koordinasi Nasional Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial 2016, fungsi Kesbangpol ke depan harus lebih difokuskan dan ditingkatkan. “Diantaranya dengan memperkuat dan memberdayakan forum- forum strategis sampai ke kecamatan-kecamatan serta melibatkan intelijen” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.